Satu WNI Terinfeksi Corona, Pemerintah Diminta Lebih ‘Wanti-Wanti’

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Kurniasih Mufidayati mewanti-wanti pemerintah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona. Hal itu mengingat ada satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Singapura positif terinfeksi virus tersebut.

Kurniasih mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, dan BNP2TKI lebih aktif mengedukasi WNI di luar negeri perihal penyebaran virus corona.

“Para WNI, terkhusus PMI, perlu mendapat edukasi yang cukup tentang hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mengantisipasi diri agar tidak terkena virus corona,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/2).

Menurutnya, perlu ada hotline khusus terkait wabah virus corona ini bagi PMI di luar negeri. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi PMI tertular virus corona.

“Apalagi WHO telah menetapkan penyebaran virus corona ini sebagai darurat global. Maka perlu ekstra serius meresponsnya,” jelasnya.

Kemudian, dia juga meminta pemerintah mendampingi PMI yang terinfeksi corona selama menjalani pengobatan di Singapura. PMI tersebut, katanya, harus mendapatkan haknya sebagai WNI.

“Indonesia harus lebih waspada, karena kasus penularan virus corona juga sudah terjadi di negara-negara tetangga terdekat yang pintu keluar masuknya ke Indonesia sangat mudah,” imbuhnya. (jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...