Di HPN 2020 Nuh Sebut Good Journalism Diimbangi Fasilitas Wartawan

0

BANJARMASIN,PenaMerdeka – Dewan Pers mengharapkan nantinya agar dunia pers dapat tumbuh berkembang. Tetapi selain membangun, terbentuknya good journalism akan membentuk demokrasi yang kokoh.

Dalam sabutan Hari Pers Nasional ke 20 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ketua Dewan Pers M Nuh juga menegaskan pentingnya membangun kaedah demokrasi dan jurnalist.

“Pertama, supaya bisa good journalism tumbuh, dengan kemerdekaan pers naik, syarat yang pertama adalah kompetensi dari para wartawan,” ucap Nuh di Gedung Mahligai Pancasila, Jl Suprapto, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (9/2/2020).

“Membangun dunia pers sama dengan membangun demokrasi, membangun demokrasi sama dengan membangun negeri yang kita cintai. Kaidahnya jelas, sesuatu yang wajib hanya bisa sempurna dengan sesuatu, maka sempurna ini jadi wajib juga.”

Mantan Menteri Pendidikan ini juga mengingatkan peran pers sebagai pilar keempat dari demokrasi.

“Dunia pers tidak boleh meminta-minta. Tetapi kalau ada komponen bangsa ini yang nggak mau memberi, itu justru jauh lebih jelek. Kita menjaga marwah kita. Tetapi kalau ada orang lain yang memang punya tugas untuk itu yang dan tidak memberi, sekali lagi itu tidak lebih mulia dari dunia pers itu sendiri,” katanya.

Nuh menuturkan membangun dunia jurnalistik itu harus menjadi kesepakatan bersama antara pemerintah dan insan pers.

Lalu dia menandaskan, para wartawan harus diberikan fasilitas yang memadai untuk mewujudkan tekad good journalism. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...