HUT RI 76

DPR Sudah Wanti-wanti Menag Soal Dampak Corona di Arab Saudi

JAKARTA,PenaMerdeka – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Iskan Qolba Lubis, menyebut pihaknya sudah mewanti-wanti Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi perihal dampak virus corona di Arab.

Hal itu terbukti setelah pada 27 Februari secara resmi pemerintah Arab Saudi melakukan penyetopan sementara jemaah umrah akibat corona.

“Kami sudah mewanti-wanti Menteri Agama pada pertemuan sekitar 2 minggu sebelumnya, bagaimana kesiapan Kemenag kalau Corona ini terjadi. Dia bilang ‘masih tenang, masih bisa diatasi’,” kata Iskan di Hotel Ibis, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2).

Meski sudah diingatkan, Fachrul terlalu santai dan tak awas menanggapi peringatan itu. Padahal Iskan sudah memprediksi penyebaran virus Corona berdampak pada kunjungan jemaah umrah.

“Karena kami sudah melihat ini akan punya dampak terhadap umroh, umroh gitu kan bagian dari wisata, wisata itu yang kena dampaknya. Beliau terlalu tenang ya, tiba-tiba kaget kemarin,” ujarnya.

Selain itu, Iskan juga meminta agar urusan diplomasi dengan Arab Saudi hanya dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Bahkan dia menyinggung agar Menteri Agama tidak memberikan pernyataan berlebihan perihal jamaah umrah. Sebab menurutnya, Arab Saudi merupakan negara yang cukup sensitif.

“Saya juga meminta kepada Menag jangan memberikan statement yang berlebihan. Kenapa, ini sudah urusan Kementerian Luar Negeri. kita harus pahami juga bahwa saudi itu sangat sensitif. menag jangan asal ngomong aja, selama ini kan dia sering menyinggung soal cingkrang lah, ini lah,” tuturnya. (rur)

Disarankan
Click To Comments