HUT RI 76

Jokowi Larang Mudik, Sang Presiden Pun Dilarang Walikota Pulang ke Solo

SOLO,PenaMerdeka – Pemerintah Pusat akhirnya melarang warga untuk pulang kampung saat lebaran Idul Fitri. Meski kebijakan larangan mudik dianggap terlambat, sejumlah pihak meminta semua warga termasuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak pulang kampung saat Idul Fitri 2020 nanti.

Jokowi memang memberlakukan pelarangan mudik, mantan Walikota Solo ini bahkan dilarang untuk kembali ke kampung halamannya oleh Walikota Solo saat ini yakni FX Hadi Ridyatmo.

FX Hadi meminta para pejabat juga konsisten dan memberi contoh untuk tidak melakukan mudik. Bahkan dia menegaskan, pejabat pun harus dikarantina jika datang ke Solo.

“Siapa pun karantina kalau dari Jakarta.Termasuk pula VVIP atau setingkat presiden dan wakil presiden, Rudy meminta agar tidak mudik,” tegas FX Rudi saat ditemui wartawan di kawasan Manahan, Solo, Rabu (22/4).

“(VIP) ya karantina. Kalau sudah membuat aturan seperti itu, orang Jakarta jangan ke Solo lah. Biar pun itu VVIP lah,” katanya.

Rudy juga menegaskan terkait larangan mudik yang diumumkan oleh Presiden Jokowi, semua orang harus patuh dengan larangan itu. Bahkan dengan tegas Rudy mengatakan pembuat aturan larangan mudik itu juga sebaiknya tak datang ke Solo.

“Kalau yang membuat aturan VVIP, ya VVIP jangan ke Solo dulu. Masa VVIP mau saya karantina di Graha Wisata, ya nggak pantas,” lanjutnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang nekat, Rudy meminta agar pemerintah melarang transportasi umum. Selain itu, dia meminta masyarakat melaporkan ketika ada pemudik yang pulang kampung.

“Untuk yang belum mudik ya sekalian saja transportasi dilarang. Masyarakat juga sekarang sudah punya kesadaran, kalau ada pemudik pasti dibawa ke Grha Wisata,” pungkas Rudy. (red)

Disarankan
Click To Comments