Mediasi Soal Pendapat Hukum Kejati Banten Vs Warga di KI Banten Buntu

SIDANG DILANJUTKAN KE AJUDIKASI

0

SERANG,PenaMerdeka – Sidang mediasi sengketa informasi antara kuasa hukum Gozali terkait pendapat hukum yang dikeluarkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) di Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten berakhir buntu, Kamis (19/6/2020).

Informasi yang berhasil dihimpun proses akan berlanjut pada dengan agenda sidang ajudikasi. Sidang ajudikasi di KI Banten antara pihak yang sedang berperkara disebutkan tinggal menunggu waktu penjadwalan.

Suhendar dan Yusman Nur selaku kuasa hukum warga asal Tangerang itu mengatakan, pihaknya mengajukan 2 permohonan terkait informasi. Akan tetapi hanya 1 yang diberikan.

“Pertama sudah terpenuhi terkait tata kelola dan anggaran Kejati Banten, tetapi ini diluar perkara. Kedua tidak dipenuhi berkaitan dengan Kejati dengan PT Angkasa Pura diantaranya soal pendapat hukum Kejati yang bisa menghentikan proses putusan pengadilan. Padahal sudah inkrah,” kata Suhendar usai mediasi di Kantor Komisi Informasi Banten, Kota Serang, Kamis (18/6/2020).

Adapun pendapat hukum Kejati itu merupakan salah satu dari 4 point tuntutan yang tidak diberikan. Ia menambahkan, kita perlu tahu bagaimana konstruksi pendapat hukum itu bisa dikeluarkan oleh lembaga Adyaksa itu.

“Kami mempertanyakan saktinya pendapat hukum sehingga bisa menghentikan putusan hukum yang sudah inkrah.”

“Selanjutnya, apakah itu juga sudah dilaporkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai bentuk pertanggungjawaban, sebab Kejati bagian dari Kejagung,” katanya melanjutkan.

Sementara itu, Kapuspenkum Kejati Banten Ivan Hebron Siahaan mengungkapkan. Pada prinsipnya Kejati Banten terkait informasi publik terbuka untuk umum. Namun ada beberapa hal yang tidak bisa karena ada ketentuan-ketentuannya.

“Beberapa informasi publik sudah banyak kita berikan. Namun apa yang dimintakan itu dimediasi tidak tercapai kesepakatan, sehingga dilanjutkan ke proses selanjutnya,” katanya. (hendra/red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE