Menolak Lupa! Di Gedung Ini Merah Putih Dikibarkan Pertama Kali di Serang

TAKUT MENURUNKAN BENDERA JEPANG WAS-WAS MENAIKAN MERAH PUTIH

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Di Kota Serang banyak ditemukan bangunan bersejarah. Dalam merebut kemerdekaan ada satu bangunan yang menjadi sejarah karena merah putih pertama kali dikibarkan di Kota Serang.

Sejatinya besok tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia memperingati kemerdekaan ke 75.

Meski tahun 2020 ini gelaran tahunan sakral itu dilakukan secara sederhana karena pandemi covid-19.

Sejawaran Banten Yadi Ahyadi mengatakan, Bangunan Ramayana yang ada di dekat alun-Alun Kota Serang merupakan tempat bersejarah yang sangat panjang.

Ada salah satu bangunan bersejarah yang kini dialihfungsikan menjadi salahsatu tempat perbelanjaan. Padahal di lokasi bangunan itu sangat sakral untuk mengenang saksi sejarah kemerdekaan.

“Dulunya rumah dinas Sultan Syafiuddin yang dipindahkan dari Kaibon tahun 1817. Jadi setelah kesultanan hancur, berubah struktur dari kesultanan ke residenan, Sultan Safiuddin diberikan 1 fasilitas rumah dinas yang sekarang itu menjadi bangunan Ramayana,” ucapnya saat ditemui penamerdeka.com di kediamannya, di salah satu bilangan Kabupaten Serang, Jumat (14/8/2020).

Pada hari kemerdekaan Indonesia, mengingat waktu itu belum ada alat komunikasi atau media masa yang lainnya, informasi lepas dari penjajahan tidak dapat menyebar ke semua daerah.

“Jadi tanggal 20 Agustus sudah menerima kabar bahwa Indonesia telah merdeka. Karena tidak ada telegram sehingga itu belum meyakinkan pihak residen. Ketika Ali Amangku datang yang merupakan Ketua API Banten, kemudian menghadap residen agar mengibarkan bendera merah putih,” katanya.

Ia menambahkan, konon pada waktu itu pejabat-pejabat belum ada yang berani melakukannya. Sehingga Ali Amangku dengan teman seangkatan di API memberanikan diri pada tanggal 22 Agustus menurunkan bendera jepang.

Lalu dan mengibarkan bendera merah putih di markas API yang saat ini menjadi Ramayana.

merah putih dikibarkan pertama
Konon di atas gedung perbelanjaan ini pertama kali bendera merah putih dikibarkan di wilayah Serang

 

“Setelah itu, Kantor API dimanfaatkan menjadi kantor Badan Keamanan Rakyat (BKR). Ketika ada perubahan struktur di militer, baru tahun 48 jadi kantor Kodim sampai tahun 2007, dan kemudian menjadi Ramayana,” katanya.

Seperti diketahui, jika kita datang ke Alun-alun Kota Serang kita akan menemukan bangunan-bangunan bersejaran, mulai dari Gedung Juang 45, Gedung Pendopo dan lainnya. (dra)

Disarankan
Click To Comments