Peringati Kemerdekaan di Banksasuci, Jazuli: Milik Semua, Upacara Tak Mesti Mewah

KEMERDEKAAN DIISI SEMUA KALANGAN

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Saat menggelar peringatan kemerdekaan RI ke 75, A Jazuli Abdillah menyebut momentum mengingat jasa pahlawan itu tidak mesti dilangsungkan di tempat mewah.

Pasalnya kata anggota DPRD Provinsi Banten asal Fraksi Demokrat ini, gelaran upacara sakral setiap 17 Agustus juga harus menjadi milik semua.

“Siapapun punya hak dan diberi ruang untuk terlibat dengan cara ekpresi yang beragam,” kata Jazuli di lokasi upacara pengibaran bendera di Kebun Raya Percontohan Cisadane Aman Pangan Indonesia Gemilang, Banksasuci, Kecamatan Cibodas, Senin (17/8/2020).

Peringati Kemerdekaan
A Jazuli Abdillah saat menggelar prosesi peringatan kemerdekaan secara sederhana di Banksasuci, Kota Tangerang

 

Jazuli melanjutkan, lebih dari itu acara tahunan ini juga bukan hanya milik penguasa. Atau pemerintah, pejabat, sekolah, pusat pemerintahan atau di lapangan milik negara.

Apalagi menurutnya, memperingatinya tidak juga dengan seragam pakaian yang bagus. Tidak mesti dengan atraksi yang mewah.

Tapi peringatan kemerdekaan disisi lain ternyata ada warga biasa hanya menonton di luar lapangan atau di sebelah pagar.

“Jangan warga hanya menonton secara langsung maupun lewat televisi. Tradisi ini harus dirubah,” ucapnya.

Dalam kesempatan peringatan kemerdekaan itu, pantauan di lokasi A Jazuli Abdillah memimpin langsung sebagai inspektur upacara.

Peserta upacara terdiri dari sejumlah pedagang, pengamen, anak jalanan, petani, nelayan, guru PAUD, kuli dan sebagainya. (puji RH)

Disarankan
Click To Comments