Polemik NIB di Teluk Naga, Pakuhaji Tangerang Pengamat: Segera Rampungkan Hindari Penyerobotan!

NIB TAK RAMPUNG DI BPN KABUPATEN TANGERANG SODORKAN KE PRESIDEN

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Perihal polemik NIB alias nomor induk bidang lahan sejumlah warga di Kecamatan Teluk Naga dan Pakuhaji Kabupaten Tangerang menurut sejumlah pihak harus dirampungkan secepatnya.

Praktisi Hukum M Zakir Rasyidin menyebutkan, jika terdapat kekeliruan penetapan dalam bidang tanah, maka wajib bagi lembaga yang berwenang mengeluarkan perubahan legalitas tanah.

“Ini mengacu Pasal 34 Ayat 1 Peraturan Menteri Negara Agraria/ Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 2 tahun 1996 Tentang Pengukuran Dan Pemetaan Untuk Penyelenggaraan Pendaftaran Tanah,” tegas Zakir dalam rilis yang diterima penamerdeka.com, Rabu (26/8/2020).

Ketua Umum Majelis Advokat nasional Indonesia ini menambahkan, terkait kabar NIB tanah ganda maka perlu dilakukan klarifikasi secara mendalam ke pihak BPN setempat.

“Nanti harus bisa diselesaikan kejadian sebenarnya,” ucap Zakir.

Sebab, lanjutnya, klarifikasi penting dilakukan untuk menghindari penyerobotan lahan atau pemalsuan dokumen oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terkait upaya warga yang hendak mengadu ke Bupati hingga ke Presiden Jokowi, lawyer para artis ini sependapat.

“Saya kira perlu (mengadu ke Jokowi), jika memang pihak BPN Tangerang tidak bisa memberikan jawaban yang pasti terkait hak kepemilikan atas tanah milik masyarakat yang dipermasalahkan tersebut,” tandasnya.

Menurut Zakir, sangat perlu aduan tersebut dilakukan sebab Presiden Jokowi memiliki program dalam bidang reformasi agraria.

“Tentu sangat erat berkaitan dengan perbaikan sistem pelayanan publik dibidang agraria, jika ada oknum yang berperilaku seperti mafia tanah, maka harus dilaporkan ke penegak hukum untuk diproses lebih lanjut,” pungkasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...