Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Refleksi HUT RI, WH: Gelontorkan Pendidikan Gratis di Banten

0 79

Meskipun kemerdekaan RI tercatat sudah mencapai angka ke 71 tahun, tetapi sejumlah kalangan menilai jawaban persoalan kebutuhan pendidikan belum terpenuhi, khususnya di Banten. Maka, kata Wahidin Halim, dari APBD yang dikantongi Pemprov Banten sangat mungkin menggelontorkan pendidikan gratis di Banten.

“Pendidikan adalah kebutuhan yang mendasar, penting buat pembangunan mental bangsa, karenanya sangat krusial dan menjadi hak dasar yang absolut bagi masyarakat, itu sudah sesuai dengan yang tercamtum dalam UUD 1945. Meskipun tidak gampang tapi kalau saya jadi Gubernur semuanya beres dikerjakan,” ungkapnya kepada Pena Merdeka.

Kondisi saat ini kata mantan Walikota Tangerang dua periode ini menyatakan bahwa faktanya di Banten banyak sekolah yang rusak, roboh, dan masyarakat masih harus menempuh perjalanan jauh ke sekolah, bahkan mengambil resiko dengan melewati jembatan yang justru bisa mengancam keselamatannya.

“Masalah ini (pendidikan gratis di Banten) kerap saya sampaikan saat acara penyampaian visi dan misi di sejumlah parpol. Makanya saya tegaskan lagi sekarang (Refleksi HUT RI, red),” ucapnya, Rabu (17/8).

Namun demikian saat ini masalahnya bukan itu saja, banyak guru yang belum disejahterakan, peningkatan kualitasnya yang belum dirasakan ada apalagi mainset (pemikiran, red) masyarakat yang belum sepenuhnya mencintai pendidikan.

“Ini harus dirubah, kalau masih seperti ini imbasnya adalah kualitas SDM kita yang tidak akan maksimal dan nantinya sullit bersaing dalam sektor apapun,” ucapnya menegaskan.

Ia kembali menuturkan terkait pendidikan gratis di Banten, ketika menjabat Walikota Tangerang adalah menggalakan pembangunan gedung sekolah. Pada tahun 2006 WH mengaku membangun 500 sekolah yang semuanya bertingkat. Kemudian mensejahterakan guru dan meningkatkan kompetensinya. Sehingga hasilnya secara nasional banyak daerah lain di Indonesia yang mencontoh Kota Tangerang saat itu, ujarnya.

Kalau sudah demikian maka kata WH kebutuhan pendidik atau guru secara materi sudah baik maka imbasnya program belajar mengajar Insya Allah bisa berlangsung baik.

“Orang tua saya adalah guru, dan saat itu saya juga merasakan bagaimana menempuh pendidikan terasa sulit dengan berbegai kendala. Maka ketika saya dipercaya sebagai walikota, sektor pendidikan saya bangun secara maksimal.”

Kedepanpun ketika dipercaya menjadi gubernur, biaya pendidikan gratis di Banten, infrastruktur sekolah banyak serta memadai maka pasti akan diterapkan di seluruh Banten juga, tandas WH menjelaskan. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...