Pemerintah Pastikan Biaya Swab Test Tak Bebankan Masyarakat

MASIH PEMBAHASAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah memastikan untuk biaya swab test atau tes usap tidak bakal membebankan masyarakat yang hendak melakukannya secara mandiri. Saat ini, untuk biaya sendiri masih dalam pembahasan.

” Harga swab berkisar antara Rp 439.000- Rp 797.000 ribu masih dikaji terus oleh pemerintah, karena kita ingin memastikan bahwa harga swab tersebut betul-betul dapat terjangkau oleh masyarakat yang membutuhkan,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan persnya lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kendati demikian, pemerintah harus menyesuaikannya dengan penyelenggara tes yang merupakan pihak swasta.

Wiku mengatakan, bahwa masing-masing penyelenggara tes usap memiliki peralatan dan perlengkapan berbeda sehingga memunculkan harga yang variatif.

Namun, pemerintah berupaya mencari jalan tengah sehingga ketentuan biaya tes usap tak memberatkan masyarakat sekaligus tak merugikan penyedia jasa tes.

“Bahwa penyelenggara tes tersebut juga bervariasi dan memang sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan dan tentunya pasti mengambil untung harus dilakukan,” kata Wiku.

“Tapi dalam jumlah yang terbatas karena ini adalah masalah pandemi, sehingga toleransi secara keseluruhan nanti akan kami umumkan kepada publik setelah semua kajian tersebut selesai,” lanjut dia.

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, standar biaya tes usap (swab) masih dalam pembahasan. (jirur)

Disarankan
Click To Comments