Harga Pertalite Turun Jadi Setara Premium

DI JAKPUS DAN JAKUT

JAKARTA,PenaMerdeka – PT Pertamina (Persero) memberikan diskon harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dengan harga Rp1.200 per liter sehingga harga Pertalite turun dari harga normal Rp7.650 menjadi Rp6.450 per liter atau setara Premium.

Unit Manajer Communication, Relation & CSR Marketing Operation Region III Pertamina III, Eko Kristiawan mengatakan, diskon itu di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta Pusat (Jakpus) dan Jakarta Utara (Jakut).

Eko menjelaskan penurunan harga tersebut merupakan bagian dari Program Langit Biru (PLB). Program tersebut baru berlaku di 29 SPBU di Jakarta. Rinciannya, 18 SPBU di Jakarta Utara dan 11 SPBU di Jakarta Pusat.

Konsumen dapat mengenali SPBU yang memberikan promo tersebut melalui spanduk yang terpasang pada totem SPBU.

“PLB berlaku untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot) serta taksi plat kuning yang merupakan transportasi publik,” jelas Eko dalam keterangannya, dikutip Senin (16/11/2020).

Eko menerangkan PLB merupakan bentuk dukungan perseroan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yang perlu menjadi perhatian seluruh pihak.

Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

Oleh karena itu, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98.

Lebih lanjut, Eko juga memastikan perseroan tetap menyediakan Premium di wilayah Provinsi DKI Jakarta, termasuk Kota Jakarta Pusat dan Kota Jakarta Utara.

“Berdasarkan penugasan dari Pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan Premium. Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir,” jelasnya. (uki)

Disarankan
Click To Comments