DLH DKI Musnahkan 1,2 Ton Limbah Masker Bekas

SELAMA PANDEMI

JAKARTA,PenaMerdeka – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta memusnahkan 1.231 kilogram (1,2 ton) limbah masker bekas. Masker yang terkumpul selama pandemi covid-19 itu terhitung sejak April hingga pertengahan Desember 2020.

Kepala Seksi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Rosa Ambarsari mengatakan, limbah itu dikumpulkan petugas kebersihan dari sampah rumah tangga.

Limbah infeksius yang terkumpul, lanjut Rosa bakal dimusnahkan oleh Dinas LH bersama dengan pihak pengolah limbah B3 yang berizin.

“Masker bekas tergolong limbah infeksius, Dinas Lingkungan Hidup bekerja sama dengan pihak pengolah limbah B3 untuk pemusnahannya, dengan cara diinsinerasi,” kata Rosa melalui keterangan tertulis, Rabu (16/12/2020).

Rosa berharap masyarakat, khususnya ibu rumah tangga, mulai sadar untuk memilah sampah. Dia mengingatkan masyarakat mulai memilah sampah medis dari sampah rumah tangga lainnya.

Sampah medis yang telah terkumpul kemudian disemprot disinfektan, lalu dikemas secara khusus. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi penularan Covid-19.

“Setelah itu, tanggung jawab kami untuk penanganan lebih lanjut,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments