Tembus 25.000 Kasus Covid-19, Gubernur WH Minta Warga Disiplin Prokes

RS HAMPIR PENUH

SERANG,PenaMerdeka – Gubernur Banten, Wahidin Halim meminta warga masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Sebab, saat ini sudah 25 ribu orang warga Banten yang terpapar Covid-19.

Bahkan dari data yang dihimpun, kasus terkonfirmasi Covid-19 pernah mencapai 520 kasus. Hingga saat ini, yang meninggal sudah mencapai 780 orang.

“Saya mengingatkan ulang kepada warga Banten disiplin protokol kesehatan di rumah, di jalan, maupun di mana saja. Juga menjaga jarak. Memakai masker tapi kalau tidak menjaga jarak tetap bisa terpapar,” ujarnya, Selasa (26/1/2021).

Menurut Wahidin, saat ini rumah sakit di Provinsi Banten sudah hampir penuh. Pemprov Banten bersama pemerintah kabupaten dan kota sudah menyiapkan hampir empat 4.000 tempat tidur.

Meski pemerintah saat ini mampu menyiapkan rumah sakit, lanjutnya namun memiliki keterbatasan jumlah tenaga kesehatan. Sehingga akan menjadi masalah kalau tidak didukung kedisiplinan masyarakat.

“Sekarang klasternya bukan hanya dari perkantoran dan tempat-tempat berkumpul, tapi juga dari rumah tangga. Oleh karena itu, harus ada kepedulian kita untuk saling menjaga, saling melindungi dan saling menghormati,” ungkapnya.

Pria yang kerap disapa WH, menghimbau agar kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan dan keramaian dipertimbangkan kembali untuk terlaksananya disiplin protokol kesehatan.

“Virus Corona bisa kita tangani kalau kita semua ikut ambil bagian. Mulai dari lingkungan keluarga disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” ujar mantan Wali Kota Tangerang ini.

VAKSINISASI

Terkait vaksin covid-19 Sinovac, Wahidin mengungkapkan dari target 46.000 vaksin untuk tahap pertama ini saat ini baru mencapai enam 6.000 yang penggunaannya terbatas untuk para tenaga kesehatan.

Wahidin juga menghimbau masyarakat di tanah jawara tersebut untuk tidak percaya terhadap isu-isu atau hoax yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Kalau perlu, tanya ke rumah sakit atau mereka yang sudah disuntik vaksin. Pada pemerintah mulai dari camat, walikota, bupati, atau gubernur, silakan bertanya. Jangan terpengaruh provokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Banten per 25 Januari 2021, di Provinsi Banten untuk ruang Intensive Care Unit (ICU) tersedia 192 tempat tidur, terpakai 183 (95%).

Untuk ruang perawatan tersedia 3.021 tempat tidur, terpakai 2.636 (87%). Sedangkan untuk rumah singgah tersedia 914 tempat tidur, terpakai 799 (87%). (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE