Kemenhub Siapkan Aturan Pendukung Larangan Mudik

LIBATKAN BERBAGAI PIHAK

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih perlu waktu untuk menyusun aturan pengendalian transportasi dan menyesuaikan dengan kebijakan larangan mudik tahun ini. Penyusunan aturan dilakukan bersama seluruh pihak terkait.

“Saat ini kami tengah menyusun aturan pengendalian transportasi yang melibatkan berbagai pihak,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (30/3/2021).

Budi mengatakan, aturan ini tengah dikoordinasikan dengan Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, hingga TNI dan Polri.

Aturan yang akan dikeluarkan Kementerian Perhubungan bukan semata-mata ingin bertujuan untuk melarang aktivitas mudik. Namun, aturan akan didasari semangat untuk mengantisipasi lonjakan pertambahan kasus covid-19 pada masa libur panjang.

Apalagi katanya, kebijakan larangan mudik sudah diputuskan dalam rapat koordinasi tingkat menteri, sehingga harus dilaksanakan semua pihak, termasuk Kementerian Perhubungan.

Tak cuma berkoordinasi dengan pihak terkait, Budi Karya menyatakan aturan yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan nantinya juga akan memasukkan pandangan dari pengamat transportasi, sosiolog, dan stakeholders lainnya.

“Masukan ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun aturan terkait pengendalian transportasi maupun sanksinya jika ada pelanggaran,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments