Terima Juknis Dekonsentrasi, Mendagri: Banten Selesai Batas Antar Provinsi dan Kabupaten/Kota

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian menyerahkan Petunjuk Teknis (Juknis) Dekonsentrasi kepada beberapa provinsi. Salah satunya, penyerahan itu kepada Gubernur Banten, Wahidin Halim.

“Banten sudah selesai batas antar Provinsi dan antar Kabupaten/Kota,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Gubernur dan Bupati/Walikota di Ruang Rapat Utama Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jum’at (30/4/2021).

Tito menyebutkan, Provinsi Banten termasuk tujuh dari provinsi lainnya yang sudah tidak ada masalah atau sengketa perbatasan antar daerah.

Penetapan batas daerah disebut akan memberikan manfaat bagi daerah. Investor pun tidak ragu untuk berinvestasi serta memberikan kepastian untuk menyusun tata ruang wilayah. 

Lanjut Tito, hingga saat ini sebanyak 688 daerah yang sudah selesai segmen batasnya. Sebanyak 311 daerah belum selesai segmen batasnya. Untuk itu Kemendagri membentuk Tim 12 untuk memfasilitasi penyelesaian segmen batas daerah.

“Untuk batas antar Provinsi, dimediasi oleh Kemendagri. Untuk batas antar Kabupaten/Kota, dimediasi oleh Gubernur,” ungkap Mendagri.

Tito berharap, penyelesaian batas antar daerah akan meningkatkan investasi di daerah. Mendagri juga mendorong Pemerintah Daerah untuk memperpendek perijinan investasi swasta untuk membangun usaha/ekonomi.

“Investasi harus dipermudah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” pungkas mantan Kapori itu. (red)

Disarankan
Click To Comments