Door To Door Swab Tes Pemudik yang Datang di Kota Tangerang, Satu Keluarga Positif Covid-19

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Petugas gabungan dari Kepolisian, TNI, dan kecamatan mendatangi rumah warga yang baru tiba usai mudik lebaran di RW 6, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. Hasilnya, satu keluarga ditemukan positif covid-19 pulang dari Pandeglang.

Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota, AKBP Pratomo Widodo mengatakan, pihaknya menggelar swab tes masal di Kampung Tangguh Jaya. Hal itu dilakukan lantaran H+8 Idulfitri warga yang mudik sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

“Jadi kita deteksi semua warga yang habis melakukan mudik. Hal ini untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai covid-19 bagi mereka yang habis mudik,” ujarnya, Jumat (21/5/2021).

Pratomo menjelaskan, selain itu warga yang melaksanakan mudik di dalam wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dikumpulkan di Kampung Tangguh Jaya untuk melaksanakan swab tes antigen.

“Alhamdulillah, sebanyak 50 warga itu setelah di swab tes yang datang ke posko Kampung Tangguh Jaya itu semuanya hasilnya negatif. Jadi itu tadi kita siapkan 70 alat swab tes. Alhamdulillah negatif,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Jatiuwung, Kompol Dimas Aditya menyebutkan, untuk warga yang mudik ke luar Jabodetabek pihaknya melakukan door to door. Dari dua rumah yang didatangi, satu keluarga didapati positif covid-19.

“Kami melaksanakan sampling, kemudian datang ke rumah warga yang habis melakukan mudik. Didapatkan salah satu pemudik satu keluarga ditemukan positif covid-19. Mereka terdiri dari bapak, ibu dan satu anak sepulang dari Pandeglang,” ucapnya.

Dimas menambahkan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak kecamatan menyediakan mobil ambulan. Mereka langsung dibawa ke Puskesmas setempat agar dilakukan tes PCR untuk mengakuratkan hasil dari covid-19.

“Apabila setelah di tes PCR positif covid-19 lagi, maka akan langsung di rujuk ke rumah isolasi terkonsentrasi milik pemerintah. Kami juga menyediakan sembako untuk keluarga yang di tinggalkan,” jelasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments