HUT RI 76

Peserta Vaksinasi di Kota Tangerang Membeludak, Desakan Acuh Prokes Hingga Dorong-dorongan

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Peserta vaksinasi covid-19 di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, membeludak kembali, Selasa (29/6/2021). Antrean yang berdesakan acuh protokol kesehatan (prokes) sampai ke luar kantor wali kota itu pun hingga peserta dorong-dorongan terjadi.

Pantauan langsung di lokasi, mulai pukul 07.20 WIB peserta mulai berdatangan dari berbagai kecamatan di kota berjuluk akhlakul karimah itu. Antrean mengular hingga keluar seperti di Masjid Al Adzhom, Taman Elektrik, bahkan sempat melingkari kantor wali kota itu.

Petugas gabungan dari pihak Pemerintah Kota Tangerang dan TNI Polri nampak kewalahan mengatur tahapan vaksinasi virus yang berasal dari Wuhan, China itu dan memberi imbauan.

Ketika bergantian waktu untuk vaksinasi pagar pun sempat ditutup sekitar pukul 09.30 WIB. Sekitar pukul 10.00 WIB, pihak Pemerintah Kota Tangerang membuka gerbang barat agar peserta vaksinasi dapat mengantre di area parkir kawasan perkantoran pemerintahan itu.

Meski demikian, saat gerbang dibuka peserta pun dorong-dorongan dengan kerumunan yang berdempetan itu berebut antrean paling depan. Aparat yang ada tengah berupaya untuk membuat jarak di antara peserta vaksinasi.

Seorang peserta vaksinasi, Selvi memilih untuk disuntik di lokasi itu karena dia belum menerima jadwal vaksin dari puskesmas. Bila sebelumnya pihak puskesmas telah mengirimkan jadwal vaksinasi, dia lebih memilih untuk disuntik di puskesmas dari pada di kantor pemerintahan itu.

“Belom ada tanggalnya kalau dari puskesmas. Jadi belom pasti. Kalo di Pemkot kan sampai tanggal 1 (Juli 2021), udah tertera,” ujarnya saat ditemui langsung.

Sementara itu peserta vaksin lainnya, Situ berujar bahwa dia dan putrinya telah mengantre sejak pukul 08.00 WIB. Dia menyebut, gerbang masuk Puspemkot baru dibuka pukul 10.00 WIB. Padahal, vaksinasi putrinya itu dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB.

“Telat buka gerbang masuknya jadi begini nih salah satu alasan terjadi penumpukan antrean vaksinasi. Antreannya panjang banget. Kami datengnya jam 08.00 WIB,” katanya.

Siti mengaku sebenarnya dia takut akan kerumunan peserta vaksin yang terjadi. “Takut sih, tapi ini mah mending. Tadi di luar gerbang, kita lebih parah. Orang kita dempet-dempet tadi. Ini 3M-nya mana coba,” urainya.

Hingga pukul 11.48 WIB, masih banyak peserta yang mengantre untuk melakukan vaksinasi. Tempat pendaftaran ulang hingga lokasi penyuntikan masih dipenuhi peserta. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments