HUT RI 76

Kawal Sidang Putusan, Warga Benda Geruduk Pengadilan Negeri Tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Puluhan warga korban pembebasan lahan JORR II, Kecamatan Benda, menggeruduk Pengadilan Negeri Tangerang Kelas 1A. Menggeruduknya warga dengan menggelar aksi demonstrasi untuk mengawal jalannya persidangan penetapan putusan, Selasa (24/8/2021).

Pantauan di lokasi, puluhan warga tersebut berbaris pararel didepan pagar gedung Pengadilan Negeri Tangerang Kelas 1A. Sambil melantunkan sholawat mereka pun membentangkan beberapa spanduk-spanduk bertuliskan suara mereka.

Nampak, kalangan bapak-bapak, remaja, anak-anak hingga manula yang merupakan korban pembebasan lahan jalur tol itu menaruh harapan kepada sidang putusan ini. Wajah lesu penuh harapan pun tercermin hingga banyak kalangan ibu-ibu meneteskan air mata.

Dari satu lajur, terdapat dua barisan puluhan warga tersebut hingga sepanjang kurang lebih 50 meter. Mereka pun membentangkan sejumlah spanduk, salah satunya bertuliskan ‘Dulu Kami Sejahtera Sekarang TIDAK !’. Kemudian ‘Proyek JORR Bikin Rakyat Sengsara’.

Dedi, salah satu warga Benda mengatakan bahwa mereka melakukan aksi demonstrasi itu untuk mengawal dan menghadiri sidang putusan akhir.

“Kami juga datang ke sini dalam rangka meluapkan banyak kekecewaan penggusuran dan pembebasan lahan,” jelasnya saat ditemui di lokasi.

Dedi menjelaskan, para warga keberatan terhadap uang ganti pembebasan lahan mereka. Menurutnya, para warga yang menjadi korban itu dirampok oleh terduga pelaku yang akan menjalani sidang nanti. “Bahasanya sudah dirampok, yang jelas kami sudah dibayar murah. Uang kami banyak dipotong,” katanya.

Warga, lanjut Dedi, diberikan uang ganti rugi atas pembebasan mereka diluar dari kesepakatan yang seharusnya. “Sedangkan kami sudah melakukan perbaikan sampai satu tahun tidak dihiraukan,” pungkasnya.

Hingga pukul 11.30 WIB, sidang putusan akhir belum juga dimulai dan para demonstran masih melakukan aksinya dengan melantunkan sholawat. (Hisyam)

Disarankan
Click To Comments