HUT RI 76

Asyik! Oktober Pemprov Banten Gelontorkan Bansos Jamsosratu, Ini Besaran Nilainya

BANTEN,PenaMerdeka – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten berencana menyalurkan bantuan sosial (bansos) Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) tahun anggaran 2021.

Menurut Budi Darma Sumapradja, Sekretaris Dinas (Sekdis) Sosial Provinsi Banten, hal ini sesuai SPD (Surat Penyediaan Dana).

“Rencananya Bansos Jamsosratu akan disalurkan bulan Oktober 2021,” kata Budi dikonfirmasi via ponsel, Kamis (16/9/2021).

Dia menambahkan, bansos yang nantinya disalurkan ini untuk warga kurang mampu. Dan tidak tercatat masuk dalam kelompok penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

“Total anggaran yang dikeluarkan senilai Rp50 miliar. Penerimanya sekitar 50.000 keluarga di Banten.Dan masing-masing sekitar Rp1 juta rupiah,” tukasnya.

Budi melanambahkan, upaya penyaluran bantuan sesuai dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang PPKM Darurat yang ternacum pada poin 8.

Dia menjelaskan, di dalam poin 8 itu ada percepatan dalam penyaluran Bansos, baik dari APBN maupun APBD.

Pada tahun 2020 dan 2021 pemprov tidak menggelontorkan program bansos bagi penyandang disabilitas, lansia dan anak kurang mampu. Selain itu pada 2021, pemprov juga disebutkan tidak menggelontorkan bansos jaring pengaman sosial (JPS).

“Nah itu (bansos,red) yang sempat dikeluarkan penprov tahun 2020 sebanyak dua (2) kali bagi KPM. Dengan nilai total sekitar Rp300 miliar. Sekarang JPS tidak dianggarkan karena pemerintah menetapkan bukan dalam kategori kejadian luar biasa (KLB),” ucap Budi.

Dia menuturkan, gubernur Banten Wahidin Halim sempat menyiapkan anggaran kembali untuk program JPS. Namun karena dalam ketentuan tidak masuk KLB maka rencana penyaluran JPS dibatalkan. Tetapi pemprov tetap komitmen menyalurkan bansos Jamsosratu kepada masyarakat Banten.

“Ini komitmen pak gubernur dan pak wakil gubernur untuk penanggulangan dampak covid-19 juga bagi warga Banten,” tandas Budi. (red/dra)

Disarankan
Click To Comments