HUT RI 76

Jalur Layang Bogor Line di Stasiun Manggarai Sudah Mulai Beroperasi

JAKARTA,PenaMerdeka – Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, sudah beroperasi sejak Sabtu 25 September 2021 malam. Sudah aktifnya itu maka, pemindahan jalur Bogor di stasiun ini juga berpindah di lantai 2.

“Pemindahan jalur KRL Bogor Line yang tadinya di bawah (at grade) dipindah ke jalur 10, 11, 12, dan 13 di lantai 2,” ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus Gagok melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, jalur yang menjadi bagian dari Pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang itu telah dilakukan serangkaian pengujian. Jalur layang Bogor line itu juga bisa diakses dengan escalator, lift, dan tangga manual yang sudah dibangun.

Selain itu, bagi penumpang yang akan menggunakan KRL, bisa mengakses peron melalui Pintu Barat Stasiun, tepatnya ke arah Pasaraya Manggarai. Beroperasinya jalur itu mengurangi penyebrangan penumpang di area Stasiun Manggarai.

“Sebab, sebagai stasiun tersibuk yang melayani ribuan penumpang dalam tiap harinya, potensi insiden kecelakaan di Stasiun Manggarai sangat tinggi,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, bisa memudahkan perpindahan penumpang Bogor Line ke Tanah Abang karena berada dalam satu gedung. Begitu juga dengan penumpang KA Bandara, memudahkannya berpindah moda transportasi.

Adapun untuk layanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Bogor/Depok-Jakarta Kota akan dilayani pada peron jalur 10 atau 11 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai.

Sedangkan pelayanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Jakarta Kota – Bogor/Depok Kota akan dilayani pada peron jalur 12 atau 13 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai. (jirur)

Click To Comments