Gelaran Maulid Warga Emerald Residence Sepatan, Penceramah Ungkap Indahnya Bertetangga

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Warga perumahan Emerald Residence Sepatan (ERS), Sukadiri, Kabupaten Tangerang, menggelar peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1443 Hijriah di Masjid Darusallam, Sabtu (30/10/2021).

Menerapkan standar protokol kesehatan (prokes), sebelum memasuki acara puncak, panitia pelaksana (Panpel) Maulid pada 24 Oktober lalu melangsungkan sejumlah rangkaian lomba tingkat anak.

Disela sambutan acara, Teguh Prasetyo Ketua DKM Darsallam dan Abdul Rachmat Ketua Panpel Acara mengucapkan terimakasih kepada warga dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan.

“Kita secara guyub harus kompak. Dan kemakmuran Masjid Darusallam harus kita mulai. Peringatan Maulid ini momentum,” tukas Teguh Ketua DKM Darusallam ini singkat.

Seperti diketahui, acara diselingi dengan pembagian hadiah kepada juara tingkat perlombaan Adzjan, Cerdas Cermat dan Hafalan Surat pendek dalam Alquran yang diikuti peserta anak.

Tak ketinggalan, para kaum muda dan ibu-ibu setempat dalam acara Maulid perdana di perumahan Emerald Residence Sepatan ini menghadirkan seni musik robana.

Mengangkat tema Menjalin Ukuah, Meraih Kemuliaan, Panpel menghadirkan Ustad Syahroni Mardhani sebagai penceramah. Materi tausiyah yang disampaikan penceramah mengulas kemuliaan dalam bertetangga.

Ustad Syahroni menyebutkan, ketika manusia mengharapkan dipanjangkan rezeki dan umurnya oleh Allah Swt harus mengedepankan silaturahmi.

Menurutnya bergerak silarurahmi akan mendatangkan barokah. Contohnya kegiatan ibadah dan kehidupan sosial harus digerakan di lingkungan warga emerald residence.

“Al Harokah, Barokah. Bergerak (positif,red) bakal barokah. Dalam hidup jangan takut akan perubahan. Hidup harus ada perubahan. Contohnya sudah kita harus mulai yang biasa solat di rumah. Sekarang kita mulai gerakan, jadi setiap solat wajib harus jamaah di masjid,” ucap Ustad Syahroni dalam pesannya kepada jamaah Masjid Darusallam Emerald Residence Sepatan.

img 20211030 224234
Pembagian hadiah perlombaan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Perumahan Emerald Residence Sepatan, Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (30/10/2021). (hisyam/PenaMerdeka.com)

Ustad mengharapkan, dalam kehidupan bertetangga perlu dijalinnya silaturahmi. Dan saling mengenal dalam kehidupan akan sangat bagus. Pasalnya karena keperluan dan antar tetangga dalam bentuk sosial akan saling membutuhkan.

“Jangan sampai dengan tetangga tidak saling mengenal. Jibril pun menasehati nabi soal bagusnya hidup bertetangga yang baik. Sebab setiap persolan akan dibantu adanya tetangga. Saudara kan jauh yah pasti tetangga dahulu,” ucap Ustad.

Baik buruk perangai juga kata Ustad, diketahui lingkungan tetangga lebih dahulu.

Dia juga mengatakan, dinamika dalam lingkungan memang harus kita sikapi secara sabar karena kehidupan di dunia tidak lepas dari segala ujian.

“Kalau kita ingin mengetahui karakter juga lingkungan sekitar kita. Perbaikilah dan berbaiklah dengan merubah sikap sesuai anjuran Nabi,” tegas Ustad.

Dalam lingkungan diakuinya memang kerap ditemukan berbagai suku bangsa dan agama. Maka itu harus saling menghargai satu sama lain.

“Sesama manusia harus saling bela. Meski berbeda suku dan agama harus saling bela. Jangan palah pilih. Maka itu kita mulai dengan tetangga depan kanan belakang saling mengenal,” ungkapnya.

Lalu dalam setiap perbuatan, tuntunan yang diajarkan Rosululloh agar dalam hidup saling berbuat baik. Tetapi dalam tuntutan itu semua yang kita kerjakan harus dilatarbelakangi keikhlasan karena Allah Swt semata

“Berbuat baik tanpa pamrih demi karena Allah. Ibadah harus ikhlas, menolong juga karena ikhlas gak mesti harus minta disebut namanya. Pengurus masjid panitia maulid juga harus ikhlas yah,” ucap Ustad. (red)

Disarankan
Click To Comments