hsn ads Syarifudin Salwani

Tarik Ulur Tanggal Pencobolosan Pemilu, DPR Agendakan Raker KPU dan Kemendagri

MASIH BERSELISIH JADWAL PENCOBLOSAN PEMILU

JAKARTA,PenaMerdeka – Menyusul belum ditetapkannya jadwal pelaksanaan tanggal pemilu 2024, Komisi II DPR RI bakal segera mengagendakan rapat pertemuan antara pihak KPU-RI dan Kemendagri.

Sebelumnya KPU dan Kemendagri masih berselisih pendapat perihal penetapqn tanggal penyelenggaraan Pemilu 2024. KPU mengusulkan 21 Februari 2024, sementara Mendagri mengusulkan 15 Mei 2024.

DPR memberikan waktu agar pemerintah dan KPU melakukan konsolidasi. Sebabnya sampai saat ini belum diputuskan hari pencoblosan Pemilu 2024.

Ketua Komisi II DPR-RI Ahmad Doli Kurnia mengklaim pihaknya akan segera mengagendakan rapat kerja dengan pihak terkait. Yakni untuk mengambil keputusan tanggal pencoblosan Pemilu 2024. 

Terkait agenda pertemuan pihak KPU sebagai penyelenggara dan Kemendagri juga dikabarkan belum menemui titik temu. Rencananya akan digelar pada pekan ketiga atau keempat Januari 2022.

Dan saat ini kata Doli, KPU sedang menggelar rapat kerja hingga 18 Januari mendatang. Untuk itu, KPU meminta rapat membahas jadwal pemilu digelar setelah 18 Januari. Sementara, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian masih ada agenda di luar Jakarta.

“Mungkin ya (rapat kerja digelar) minggu ketiga minggu keempat di bulan ini,” ucap Doli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Doli sudah mendengar KPU dan Mendagri sudah memiliki kesepakatan terkait kapan pemilu akan digelar. Namun, DPR akan memastikan dalam rapat kerja mendatang.

“Denger-dengernya begitu makanya nanti kita pastikan di rapat kerja,” ujarnya. (red)

hsn ads Rafiudin akbar
Disarankan
Click To Comments