hsn ads Syarifudin Salwani

KPK Sita Dokumen Terkait Dugaan Korupsi Pengolahan Anoda Logam di Antam

MAKIN KUATKAN TUDINGAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Manufacture Product and Service Trading Senior Officer, Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia PT Aneka Tambang (Antam) Nursyahrini Dewi kemarin. KPK menyita dokumen terkait dugaan korupsi pengolahan anoda logam di PT Antam dan PT Loco Montrado dari Dewi.

“Yang bersangkutan hadir dalam rangka penyitaan sejumlah dokumen terkait dengan perkara ini,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu (9/2/2022).

Ali enggan memerinci dokumen yang dimaksud. Dokumen itu diyakini makin menguatkan tudingan penyidik terhadap para tersangka dalam kasus ini. Kasus ini sudah masuk ke tahap penyidikan, salah satu pihak batal dijadikan tersangka karena menang dalam praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

KPK memastikan masih menyelidiki dugaan rasuah kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Antam dan PT Loco Montrado pada 2017. Kasus itu tetap diselidiki meski Direktur PT Loco Montrado Siman Bahar tak lagi menjadi tersangka usai menang praperadilan.

“Tidak berarti kasus itu akan selesai di situ, karena kasus yang satu lagi sebagai PN-nya (penyelenggara negara) dari perkara ini,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Jakarta, Kamis, 27 Januari 2022.

Karyoto mengatakan KPK terus mengusut keterlibatan tersangka dari unsur penyelenggara negara dalam kasus ini. Lembaga Antikorupsi bakal mengusahakan para tersangka mempertanggungjawabkan perbuatannya. (jirur)

hsn ads Rafiudin akbar
Disarankan
Click To Comments