Menhub: Pengguna KRL Jabodetabek Capai 1,2 Juta Orang Per Hari

BAKAL DITINGKATKAN HINGGA 2 JUTA

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, terdapat 1,2 juta pengguna kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek per hari. Data jumlah tersebut bakal ditingkatkan kembali hingga 2 juta penumpang per harinya.

“Saat ini pengguna kereta listrik Jabodetabek sudah 1,2 juta penumpang per hari,” katanya saat menghadiri soft launching pengoperasian Stasiun Matraman, Jakarta Timur, pada Minggu (19/6/2022).

Budi mengatakan, kemenhub bakal meningkatkan target jumlah penumpang KRL menjadi 2 juta penumpang per hari. Target tersebut bisa terealisasi dalam waktu 2-3 tahun ke depan.

“Ke depan akan terus kami tingkatkan hingga 2 juta penumpang per hari. Insya Allah dalam 2-3 tahun ini bisa kami lakukan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Budi turut menyatakan bahwa pengoperasian Stasiun Matraman merupakan bagian dari upaya peningkatan angkutan massa pengguna KRL di Jabodetabek.

Sebab, menurut dia, warga wilayah aglomerasi itu memilih KRL sebagai transportasi umum mereka.

“Kami ingin angkutan massal menjadi angkutan prioritas bagi masyarakat. Saat ini kereta api sudah menjadi pilihan utama masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan dan aglomerasi,” sambungnya.

Budi menyatakan, pihaknya bakal terus meningkatkan pelayanan angkutan massal KRL Jabodetabek. Sejumlah pelayanan yang bakal ditingkatkan adalah membangun double-double track (DDT), mempersingkat waktu tunggu kedatangan antar-kereta menjadi tiga menit, dan merevitalisasi stasiun.

Di sisi lain, menurut Budi Karya, adanya insfrastruktur transportasi juga mendukung kemajuan sektor pariwisata dan UKM. Karena itu, sebanyak 30 persen dari area komersial stasiun dialokasikan untuk lapak berjualan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kami telah berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, bersama PT KAI, untuk pengalokasian area komersial di stasiun untuk UMKM,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments