Bawaslu: Yuk Kartini Banten! Daftar Jadi Panwaslu Kecamatan Kawal Demokrasi

AKAN MENGISI DI 155 KECAMATAN DI BANTEN

BANTEN,PenaMerdeka – Jelang Pemilu tahun 2024, Bawaslu se-Provinsi Banten menggelar rekrutmen calon anggota pengawas pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan. Proses rekrutmen, yang digelar di Bawaslu Kota/Kabupaten di Banten bakal mengafirmasi keterwakilan perempuan.

Untuk pendaftaran calon Panwaslu Kecamatan, dapat diakses melalui laman website Bawaslu Kota dan Kabupaten setempat. 

Menurut Didih M Sudi Ketua Bawaslu Banten, rekrutmen dilakukan sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Maka jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Indonesia segera membuka perekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan.

“Kita mengafirmasi keterwakilan perempuan saat proses rekrut. Siapa saja pria atau perempuan bisa mendaftar dengan syarat yang sudah ditentukan,” kata Didih kepada penamerdeka.com, Sabtu (17/9/2022).

Dia melanjutkan, sesuai aturan keterlibatan perempuan harus diberikan peluang. Dan ketika mengantongi potensi menjadi pengawas pemilu, kerja kerjanya akan mengawal proses demokrasi. 

Dalam setiap kecamatan di Banten, akan ditetapkan sebanyak tiga (3) personil Panwaslu. Di 155 kecamatan yang ada di Banten semua petugas Panwaslu harus terisi tiga personil. 

Nantinya, Panwascam atau Panwaslu Kecamatan yang ada di Banten melakukan pengawasan tahapan yang sedang berjalan saat ini, hingga saat proses Pemilu 2024. Setelah terbentuk, di kecamatan wilayah kota / kabupaten masing masing, Panwascam sudah diefektifkan bekerja. 

“Diangkat sekarang lanjut sampai pemilu 2024,” tukas Didih.

Dia melanjutkan, saat ini proses pemilu yang sedang berjalan adalah pengawasan verifikasi pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2024. Sebelum Parpol ditetapkan menjadi peserta pemilu pada Desember 2022 mendatang, Panwascam juga akan dilibatkan mengawasi. 

“Bagi calon pendaftar panwaslu kecamatan agar mempersiapkan syarat syaratnya. Bisa befpartisipasi mengawal demokrasi di Banten menjadi petugas panwaslu di kecamatan masing masing,” kata Didih. (dra)

Disarankan
Click To Comments