Hari Ini, Jokowi Terbang ke China Temui Presiden Xi Jinping Apa yang Dibahas?

PENUHI UNDANGAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden RI, Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi dan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Chengdu, China, pada Kamis (27/7/2023) hingga Jumat (28/7/2023) besok. Kunjungan kali ini untuk memenuhi undangan Presiden China Xi Jinping. 

“Kunjungan saya ke Chengdu untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jinping. Dan, kunjungan ini juga bertepatan dengan peringatan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Tiongkok,” kata Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis pagi.

Jokowi mengatakan, China merupakan mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia. Dalam lawatan ini mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut akan bertemu dengan Xi Jinping untuk membahas sejumlah agenda prioritas.

“Baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan serta isu-isu regional dan global,” katanya. 

Jokowi tidak memungkiri bahwa isu Laut China Selatan bisa mejadi salah satu topik pembicaraan ketika bertemu Xi. “Biasanya soal Laut China Selatan setiap bertemu dengan Presiden Xi juga selalu saya singgung,” ujarnya. 

Jokowi juga disebutkan akan bertemu sejumlah pemimpin perusahaan China yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia. Investasi itu khususnya ada di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru dan terbarukan, dan kesehatan.

Selain itu, Jokowi juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games untuk menyemangati kontingen Indonesia yang berlaga di turnamen itu. “Pada Sabtu pagi insya Allah saya sudah tiba di Jakarta,” jelasnya. (jirur) 

Disarankan
Click To Comments