Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Nama Dicatut Balon Gubernur Perseorangan, Warga Pandeglang Lapor ke Bawaslu

0 54

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten pada Senin (5/9) menerima dua laporan warga asal Kabupaten Pandeglang, Banten yang diduga sengaja mencatut namanya dalam KTP sebagai salahsatu pendukung pasangan calon perseorangan untuk Pilgub Banten 2017.

“Hari ini kita sudah menerima dua laporan dari warga Pandeglang yang merasa namanya dicatut oleh salahsatu pasangan bakal calon perseorangan,” ucap Eka Satialaksmana, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten, kepada Pena Merdeka Senin (5/9).

Laporan dari warga yang pertama melapor sedang dalam proses klarifikasi baik pihak pelapor maupun saksinya, kedepan soal terlapor akan kita klarifikasi juga. Sementara pada hari ini terkait warga lain yang melaporkan namanya merasa dicatut juga sudah kita terima.

Namun pihak kami belum bisa membeberkan nama bakal calon (Balon) gubernur tersebut, katanya ketika ditanya nama balon yang diduga mencatut nama warga tersebut.
“Saya kira ini merupakan pernyataan sikap yang patut diapresiasi bagi warga yang melapor lantaran tidak terima dengan cara-cara yang dilakukan tim dari balon perseorang. Ini jalan yang sudah benar bagi warga, mereka sudah peduli, tidak cuek-cuek saja melaporkan kasus ini ke Panwaslu kota atau kabupaten, dan Bawaslu sedang mendalami kasus ini,” ungkapnya.

Terkait dengan proses hukum, nanti akan kita lihat seperti yang diatur dalam pasal 185 dan 155 Tentang Pidana Pilkada, apakah memenuhi unsur pidana atau tidak, kata Eka.

Terkait dengan pengawasan dalam Pilgub Banten kata Eka melanjutkan, sampai batas waktu Rabu tanggal 8/9/2016 besok mudah-mudahanan pihak pengawasan di tingkat kelurahan atau desa sudah melaksanakan pemantauan verifikasi faktual calon perseorangan.

“Sebagian sedang memantau verifikasi faktual, kalau dari jadwal KPU bagi warga yang tidak dapat ditemui atau tidak bisa di data diawal bisa datang ke kantor PPS di tingkat kelurahan dan desa, nah ini sedang kita awasi,” ucapnya.

Namun demikian kata Eka lebih jauh menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya juga sedang mengawasi pencocokan penelitian daftar pemilih (PPDP) nah PPL ditingkat kelurahan juga sedang mengawasi pelaksanaan tahapan Pilgub tersebut.

“Jangan sampai datanya ada tapi fisiknya bodong. Yaa istilahnya ini chek fisik yang dilakukan oleh kawan-kawan PPL ditingkat desa dan kelurahan yang ada di Banten,” tandasnya menjelaskan. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...