Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Jelang Pendaftaran Pilkada, KPU Minta Tim Paslon Validkan Syarat

0 105

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten dalam perhelatan Pilkada yang berlangsung pada Febuary 2017 menyarankan kepada tim bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur menjelang proses pendaftaran supaya mempersiapkan administrasi persyaratan.

“Hal ini sengaja kita sosialisasikan kepada peserta bakal pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur agar tidak menerima konsekwensi gugur dalam syarat pencalonan tersebut, jadi jangan lantaran gara-gara tidak memenuhi persoalan administrasi bisa tidak bertarung dalam Pilkada Banten. Menurut saya proses pendaftaran harus dimaksimalkan,” kata Syaeful Bahri Ketua Pokja Pencalonan KPU Banten kepada Pena Merdeka, Jumat (16/9).

Maka dari itu Syaeful juga menegaskan kepada tim bakal calon agar mengurus syarat administrasi dengan baik, tertib dan valid. Pasalnya ia beralasan dalam proses syarat pencalonan itu tidak ada masa perbaikannya, kecuali untuk syarat calon.

“Lalu kami himbau kepada partai politik yang mengusung bakal pasangan calon juga segera mengurus atau menyelesaikan persyaratan administrasi sebelum masa penutupan pendaftaran, meskipun ada perpanjangan masa waktu. Tapi kita ingin selesai hanya dalam masa pendaftaran saja,” ucapnya.

Kemudian Syaeful kembali menambahkan dalam proses pendaftaran bakal pasangan baik dari jalur perseorangan ataupun pengusungan parpol akan dimasukan atau di upload dalam Sistim Informasi Pencalonan (Silon) dahulu.

“Syarat calon kan banyak contohnya mengurus SKCK, keterangan tidak pailit, administrasi parpol, legalisir ijazah dalam keterangan riwayat hidup atau sejak sekarang melengkapi dokumen yang dibutuhkan lainnya. Makanya tim paslon saya sarankan untuk membaca atau meng-upload Peraturan KPU Nomor 9 2016 Tentang Pencalonan di KPU-RI yang terbaru ini,” katanya menghimbau.

Namun demikian terkait dengan persyaratan yang belum jelas kami membuka layanan ‘Help Desk’ pencalonan kepada tim bakal paslon yang membutuhkan informasi pendaftaran.

”Mohon tim bakal paslon bisa berkoordinasi kepada Help Desk. Tapi yang perlu diketahui di kantor KPU akan melaksanakan semacam bimbingan tekhnis soal proses syarat pencalonan kepada tim bakal calon yang terpenting ada surat mandat siapa yang akan menjadi operator Silon,” ungkapnya.

Makanya pada pekan depan pun KPU Banten akan menggelar kursus singkat kepada pasangan calon dan parpol terkait dengan persiapan dokumen menjelang proses pendaftaran.

Soal perpanjangan waktu (jam,red) pendaftaran disebutkan KPU pada hari ketiga tanggal (23/9/2016) yakni sampai pukul 24:00 WIB. Sementara untuk pendaftaran pada tanggal (21dan 22/9/2016) kami akan menutup jam pendaftaran pukul 16:00 WIB saja.

“Jadi hari ketiga saja yang ada perpanjangan waktu sampai pukul 24:00 WIB. Sekali lagi saya ingatkan supaya tidak terjadi mis komunikasi tim paslon nanti bisa menghubungi tim ‘Help Desk’ dari KPU Banten soal informasi pencalonan,” tandasnya menjelaskan. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...