Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mekanisme Pengganti Ketua DPD-RI, Barat Tengah Timur Bisa Memilih

0

Irman Gusman telah resmi dicopot sebagai Ketua DPD RI, lantas akan ada proses pemilihan dalam pergantian tersebut dimana menurut Muhamad Asri Anas, Anggota DPD dari Sulawesi mekanismenya akan berbeda.

Dalam keterangannya Muhamad Asri menyebut daerah dari Barat, Tengah dan Timur akan menentukan proses pemilihannya.

Diakuinya proses tersebut akan berlangsung sengit karena jika ingin menjadi pengganti Irman Gusman sebagai Ketua DPD kandidat harus meyakinkan anggota yang berasal dari barat tengah dan timur.

“Itu sesuai tata tertib baru di DPD, ketua akan dipilih oleh seluruh anggota DPD dari ketiga wilayah tadi. Kalau berdasarkan tata tertib yang dahulu kan yang milih hanya dari Barat,” kata Asri, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/10).

Nantinya, akan ada tiga kandidat yakni dua Wakil Ketua DPD yang juga berhak menjadi Ketua DPD yakni Farouk Muhammad dan GKR Hemas. Selain itu, seorang unsur Pimpinan DPD pengganti Irman.

Ia mengatakan, pemilihan Ketua DPD akan dilakukan dalam dua tahap.

Pertama, 132 anggota DPD akan memilih unsur pimpinan pengganti Irman Gusman. Yang berhak menggantikan Irman sebagai unsur pimpinan harus berasal dari wilayah Barat.

Setelah unsur pimpinan pengganti Irman terpilih, diadakan pemilihan Ketua DPD yang baru.

“Memang para calon belum medeklarasikan. Tapi pasti bakal sengit ini karena kami yang dari Tengah dan Timur akan diyakinkan oleh calon-calon dari Barat supaya mereka kami pilih,” lanjut Asri.

Irman Gusman resmi diberhentikan sebagai Ketua DPD RI melalui sidang paripurna luar biasa DPD yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu sore. Ia ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap oleh KPK. (yuyu/dbs)

PDAM Tirta Benteng

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

eget neque. velit, id non quis leo. id ut