Suyadi, Orang Dibalik Suksesnya Boneka Si Unyil

PenaMerdeka, Hari ini Google doodle menampilkan jejeran boneka Si Unyil,  bukan tanpa alasan Google menggunakan tema tersebut situs pencarian terbesar ini, akan tetapi ini dalam rangka memperingati Hari Lahir Suyadi ke-84 atau Pak Raden, salah satu tokoh dalam serial Si Unyil.

Tokoh Pak Raden ini juga ternyata orang yang menciptakan boneka Si Unyil, beliau lahir di Puger, Jember pada 28 November 1932. Ia wafat pada saat usianya menginjak 82 tahun di RS Pelni Petamburan, Jakarta Selatan 30 Oktober 2015 lalu.

Semasa hidupnya, lelaki yang kerap tampil dengan kumis besar yang melintang ini pernah kuliah di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi (ITB) Bandung. Kemudian pada 1961 hingga 1963 ia melanjutkan pendidikan  di Prancis untuk belajar animasi.

Dari prancis, Suyadi kemudian membuat tayangan Si Unyil yang tayang di TVRI stasiun televisi satu-satunya di Indonesia kala itu. Si Unyil karya Pak Raden merupakan tayangan edukasi anak yang menghibur dan sarat nilai budaya bangsa Indonesia yang melegenda.

Click To Comments