Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Aksi Demo di Kedubes AS, Anggap Trump Lakukan Xenophobia dan Islamophobia

0 52

JAKARTA,PenaMerdeka – Veronica Koman, Pengacara Publik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan puluhan massa melakukan aksi demontrasi ke Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Sabtu (4/2). Mereka mengecam kebijakan pelarangan pengungsi AS yang mengarah perlakukan Xenophobia dan Islamophobia

“Kami menghargai proses demokrasi yang berlangsung di Amerika. Tetapi kebijakan presiden terpilih Donald Trump memunculkan sentimen negatif yang mengancam perdamaian dunia tentang pelarangan pengungsi. Yang kami kecam adalah xenophobia, islamophobia, dan misoginis,” ungkap pengacara ini kepada wartawan di depan Kedubes AS.

Dalam kesempatan tersebut ia mencontohkan soal kebijakan AS yang mengeluarkan larangan pengungsi kepada negara Islam ke AS. Antara lain, Somalia, Libya, Iran, Irak, Suriah, Sudan.

“Pengungsi sudah kabur dari negaranya. Itu sangat xenophobia dan islamophobia. Masuk Amerika jadi pengungsi dua kali. Artinya Trump sudah melanggar konvensi internasional tentang pengungsi,” ucap Veronica.

Menurut Veronica, bila AS menutup pintunya terhadap pengungsi, akan banyak para pengungsi yang terkatung-katung di Indonesia, bahkan ia menyebutkan bahwa kebijakan Trump terkait pengungsi akan berpengaruh terhadap Indonesia sebagai negara transit pengungsi.

Apakah kita biarkan jika negara adidaya memperlakukan sesam manusia dengan Xenophobia dan Islamophobia, makanya kami mendatangi Dubes AS.

“Indonesia tidak mengantongi hak terkait dengan pengungsi yang rata rata korban perang. Apabila ia (Trump) menutup pintunya akan semakin banyak pengungsi yang terkatung-katung di Indonesia,” ucapnya menegaskan.

Ada yang aneh atas kehijakan Trump soal pengungsi, secara garis besar bahwa AS termasuk Negara yang terlibat pecahnya konflik di Negara Suriah.

“Justru AS berperan dalam konflik Suriah yang menghasilakan pengungsi terbesar di dunia,” ucapnya. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...