Ratusan Buruh Pelabuhan Belawan Longmarc dari Medan ke Jakarta

0 276

BELAWAN MEDAN,PenaMerdeka – Rupanya ratusan buruh Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Belawan Medan, Sumatera Utara ini bukan tanpa pasal melakukan aksi longmarch berjalan kaki dari Medan ke Jakarta.

Informasi yang berhasil dihimpun berawal dari tuntutan sejak tahun 2013 masalah uang lembur yang belum dibayar. Apalagi ditambah masalah lain soal outsourcing di lingkungan pelabuhan dinilai sangat merugikan kaum buruh.

Menurut Herman selaku Koordinator aksi mengatakan, pihaknya bekerja dibawah outsourching. Sekarang ini menurutnya tercatat sejak tanggal 22 Febuary 2017 lalu melakukan perjalanan dari Medan. Dan ada sebanyak 300 buruh pelabuhan melakukan aksi jalan kaki menuju Jakarta.

“Aksi ini puncak persoalan yang dihadapi oleh kawan kawan buruh terhadap manajemen pelabuhan tempat dimana mereka bekerja. Padahal kami sudah mengadu ke Disnaker setempat tapi belum ada tindakan yang berarti,” kata Herman, Sabtu (25/2) sore.

Herman melanjutkan, tuntutan para buruh adalah hapus sistem kontrak, bayar tunggakan upah lembur dari tahun 2013. Sebab menurutnya para buruh pelabuhan tersebut bukan sapi perahan.

Saat ini kata Heman melanjutkan bahwa ratusan buruh sudah sampai di Kesatuan Aksi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) daerah Batu Ceper, Kota Tangerang kemudian akan menuju Pelabuhan Tanjung Periuk, Jakarta.

“Nanti ketika sampai di Jakarta kami akan bergabung dengan buruh pelabuhan dari Surabaya, Jakarta, Kalimantan dan lainnya meminta kejelasan soal nasib kami. Kita akan datangi Istana Negara, gedung DPR/MPR supaya dapat diselesaikan persoalan nasib para buruh di pelabuhan,” tandas Herman. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE