BMKG : Hujan Deras Disertai Angin Akan Terjadi pada 7-9 Maret

JAKARTA, PenaMerdeka – Yunus Swarinoto Deputi Bidang Badan Meteorologi Kilimatologi dan Geofisika, memberikan peringatan dini cuaca yang bakal terjadi pada tanggal 7 sampai 9 Maret 2017 di wilayah Jabodetabek. Pasalnya, diperkirakan bakal diguyur hujan deras disertai angin.

Pada tanggal 7 sampai 9 Maret, tidak hanya wilayah Jabodetabek saja yang berpotensi diguyur hujan lebat. Namun ada beberapa daerah lainnya yang juga berpotensi bakal diguyur hujan dengan intensitas lebat.

“Daerah lain yang mengalami hujan deras itu di antaranya Aceh, Jambi, Jabar, Jateng, Jatim, Jogjakarta, Kaltim, Kalsel, Kalteng, Kaltara, Sulsel, Sulteng, NTT, Papua dan beberapa daerah lain,” ujaranya Selasa (07/03).

Menurutnya, terjadinya hujan dengan intensitas lebat itu disebabkan karena angin yang terjadi pada perairan sebelah Barat Darwin di (1007hpa) memiliki kecepatan maksimum 20km/jam yang bergerak kearah Barat Daya.

“Sirkulasi sikloni yan terjadi di Samudera Hindia sebelah Barat Bengkulu dengan level 925/700 hPa, dan perairan Utara Sulawesi dengan level 925/600 hPa,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini yang menjadi bibit siklon tropis 90W, dimana daerah konverensi terdapat di wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur bagian utara, Papua bagian Selatan dan daratan Utara Australia.

“Belokan angin terjadi di Aceh, Sumatera Utara, laut Natuna, Kalimantan Barat, Kondisi tersebut yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah yang ada di sekitarnya,” ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau kepada warga Jabodetabek untuk tetap waspada dengan akan terjadinya hujan deras yang disertai angin kencang dan petir.

“Warga harus tetap berhati-hati, pasalnya pada tanggal 9 Maret nanti akan terjadi hujan dengan intensitas yang cukup lebat,” tandasnya. (man/dbs)

Disarankan
Click To Comments