Kereta Bandara Soekarno Hatta Bakal Gunakan Buatan Korea Selatan

TANGERANG, PenaMerdeka – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, untuk kereta Bandara Soekarno-Hatta akan digunakan kereta dari Korea Selatan buatan perusahaan Woojin. Jenis kereta tersebut sama dengan kereta yang digunakan di Bandara Kuala Namu, kereta bandara pertama di Indonesia.

“Keretanya buatan Korea Selatan, PT Woojin,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, saat di Stasiun Kereta Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (12/3).

Pembangunan KA Bandara ini, Juni 2017 diperkirakan akan rampung, kemudian bulan Juli atau Agustus sudah bisa beroperasi penuh.

Menurutnya, kereta ini nanti akan memasang tarif tidak lebih dari Rp 100.000. “Batas atas kira-kira Rp 100 ribu, batas bawahnya di bawah itu,” jelas Budi.

Bukan tanpa alasan tarifnya mahal, hal ini lantaran proses pembangunan berbeda dengan KRL commuterline yang dibangun menggunakan APBN. Pembangunan Kereta Bandara ini dilakukan secara komersial oleh PT Railink selaku operatotnya.

Tarif ini tidak berbeda seperti di Bandara Kuala Namu, kereta menggunakan tenaga diesel bukan kereta listrik (KRL) dan PT Railink sebagai operator.

Selain itu, Kereta Bandara Soekarno Hatta ditargetkan akan mampu mengangkut 33.000 penumpang, target ini merupakan 20 persen dari jumlah orang yang menuju Bandara Soekarno Hatta dalam 1 hari.

“Kedepannya, akan bicarakan lagi, hingga penumpang kereta bandara bisa lebih banyak yang ditampung,” tutur Menhub. (deden/dbs)

Disarankan
Click To Comments