PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Bersihkan Tumpukan Sampah Menahun

KABUPATEN BEKASI, Pena Merdeka – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi Cabang Babelan lakukan pembersihan saluran dari tumpukan sampah yang sudah menahun. Hal ini guna memperlancar dan menambah pasokan air baku untuk Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Direktur Utama Tirta Bhagasasi, Usep Rahman Salim beberapa waktu lalu mengutarakan, mestinya keterjaminan air baku di SSBU 5/6 menjadi tanggungjawab PJT II.

Namun melihat kondisi di lapangan, pihaknya tidak bisa tinggal diam dan harus melakukan koordinasi dengan PJT II dan pemerintah kelurahan serta kecamatan setempat untuk melakukan pembersihan selama 3 hari berturut-turut yakni 18 hingga 20 maret 2017.

“Pembersihan saluran sepanjang 9 kilo meter dilakukan, juga berkaitan akan dioperaikannya IPA baru berkapasitas 240 liter perdetik, ditambah IPA lama yang selama ini berproduksi 245 liter perdetik,” kata dia.

Usep berharapkan, setelah Saluran Sekunder Bekasi Utara (SSBU) 5/6 di Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi dilakukan, pasokan air baku bertambah sehingga 29.000 lebih sambungan langganan di wilayah tersebut, dimaksimalkan.

“Pembersihan saluran di seputar RW 09 Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan itu, melibatkan ratusan pekerja dari Perum Jasa Tirta (PJT) II, PDAM Tirta Bhagasasi dan masyarakat,”ungkapnya.

Sementara Muhtar Guntai, pengelola pengairan (juru) PJT II, mengakui jika selama ini pihaknya kewalahan membersihkan saluran karena keterbatasan tenaga.

“Saluran ini panjangnya sembilan kilo meter dan hanya ada satu petugas kebersihannya,” keluhnya

Muhtar juga membenarkan jika pasokan air baku buat PDAM Tirta Bhagasasi adalah tanggungjawab pihaknya, karena PDAM membeli air pada PJT II. Namun, lantaran keterbatasan tenaga dan alat, banyak saluran yang tersumbat sehingga pasokan air ke PDAM dan lahan pertanian warga, terhambat.

“PDAM Tirta Bhagasasi masih terkendala pada alat serta kurangnya SDM, yang akhirnya pasokan air masih sedikit terhambat,” pungkasnya. (ers)

Disarankan
Click To Comments