Pengusung Minta DPRD Paripurnakan Gubernur-Wakil Gubernur Banten Terpilih

BANTEN,PenaMerdeka – 7 partai politik (Parpol) pengusung Wahidin Halim-Andika Hazrumy meminta kepada pimpinan DPRD Provinsi Banten segera menggelar paripurna istimewa terkait percepatan pelantikan gubernur-wakil gubernur Banten terpilih dalam Pilkada lalu.

Elli Mulyadi, Ketua DPD Partai Hanura Banten ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa pihak Parpol pengusung Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) sudah berkoordinasi terkait percepatan pelantikan pasangan calon terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Banten.

“Fraksi Hanura salah satu partai pengusung Senin (10/4) akan melayangkan surat kepada pimpinan DPRD Provinsi Banten agar membentuk banmus supaya secepatnya menggelar rapat paripurna istimewa,” kata Elly kepada PenaMerdeka, Sabtu (08/4).

Persoalan ini kata Elli, sudah dikomunikasikan dengan seluruh partai pengusung WH-Andika. Agenda yang terpenting setelah ada proses pelantikan gubernur-wakil gubernur Banten adalah Pemrov dengan DPRD bisa merumuskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Dalam Undang-undang tidak ada yang mengatur soal jadwal agenda pelantikan. Jadi tidak mesti setelah Pilkada serentak 2017 rampung kemudian harus menunggu Pilkada putaran 2 selesai seperti di DKI Jakarta. Dalam UU tidak ada yang mengatur seperti itu,” kata Elli.

Maka itu kami mendorong agar paripurna istimewa di DPRD Banten segera dilaksanakan sehingga tinggal menunggu Kemendagri dan Presiden soal jadwal pelantikan gubernur-wakil gubernur Banten.

Mediawarman, Sekretaris Pemenangan Parpol Pengusung WH-Andika meminta supaya DPRD Banten segera membentuk banmus dan digelarnya paripurna pengesahan pelantikan gubernur-wakil gubenur terpilih.

“Ini terkait dengan program pembangunan yang nanti dituangkan dalam RPJMD. Supaya Gubernur dan Wakil Gubernur dapat merancang pembangunan sesuai visi dan misinya,” kata Mediawarman.

Setelah diparipurnakan di DPRD akan diajukan ke Presiden melalui Kemendagri. Jangan sampai momentum ini hilang karena program pembangunan harus segera direalisasi supaya capaian progresnya bisa diselaraskan dengan visi misi gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Untuk program pembangunan di tahun pertama 2017 karena belum ada pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Banten maka sifatnya menyesuaikan dengan RPJMD di masa pemerintahan sebelumnya.

Tetapi yang urgen adalah segera dilaksanakan proses pelantikan. Pasalnya musrembang di sejumlah kota dan kabupaten di Banten sudah digelar, artinya jangan sampai kita kehilangan momentum pembangunan di Banten.

“Seluruh partai pengusung sudah melakukan upaya politis agar pelantikan gubernur dan wakil gubernur segera dilaksanakan. Memang kewenangan Banmus dan pelaksanaan paripurna ada di DPRD Banten. Jadi secara bersama kita harus mendorong percepatan proses pelantikan,” tandas Mediawarman. (wahyudi)

Disarankan
Click To Comments