Zulfikar Demokrat

FGD Kota Tangerang : Pro Papua Mutlak Dilakukan Pemerintah

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Kendati Papua mengantongi sumber daya alam melimpah, tetapi masih kerap disebutkan sebagai wilayah tertinggal.

Saat ini pemerintah tengah melakukan sejumlah pembangunan, tetapi kesenjangan ekonomi dan ketimpangan pembangunan kental terlihat.

Hal itu terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Yayasan Abdi Bangsa, di bilangan Jalan Syech Yusuf, Kota Tangerang pada Rabu (27/12/2017).

“Kekuatan SDA harus diberdayakan. Beri kesempatan masyarakat setempat berkiprah. Pemerintah harus juga memperkuat sisi nasionalisme, pemerataan kesejahteraan dan pembangunan. Harus berbarengan,” jelas Hilman dosen asal Universitas Islam Syech Yusuf (Unis) Tangerang selaku narasumber FGD bertema Pemerataan Pembangunan dan Nasionalisme di Papua.

Pemerataan harus dilakukan, sektor ekonomi di wiayah ini yang melimpah tidak akan ada manfaat bagi masyarakat setempat jika ditunjang dari sektor akses dan sebagainya. Ini untuk mencegah faktor ketidakpuasan masyarakat. Pasalnya supaya tidak menimbulkan disintegrasi.

Hilman lebih jauh memaparkan, kesejahteraan rakyat dan pembangunan harus merata sehingga tidak terjadi ketimpangan ekonomi dan sosial. Pembangunan jangan terpusat di Jawa dan Sumatera.

“Jika terjadi ketimpangan dalam kesejahteraaan maka itu bisa menimbulkan disharmoni bagi masyarakat Papua,” tegasnya.

Maka itu kata dia, pemerintah mutlak harus membuat kebijaksanaan pro kesejahteraan. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar jika bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (yuyu)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

non suscipit leo facilisis adipiscing in