Tagihan Listrik PJU Kota Tangerang Capai Rp 4 M Perbulan

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – Setiap bulan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membayar tarif tagihan listrik PJU kepada PLN berkisaran Rp 4 Milyar, hal tersebut dikatakan Mahdiar Kabid PJU Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Rabu (12/04).

Pembayaran tagihan tersebut merupakan akumulasi perhitungan keseluruhan jumlah lampu yang ada di Jalan Protokol hingga lampu penerangan yang ada di gang-gang program Kampung Terang, Kota Tangerang.

“Ada sekitar 20.000 titik lampu PJU di Kota Tangerang yang tersebar di 13 Kecamatan,” kata Mahdiar Kabid PJU, Dinas Perhubungan Kota Tangerang, kepada PenaMerdeka.com, Selasa (11/04/2017) kemarin.

Menurutnya, supaya dapat mengurangi tagihan listrik PJU yang mencapai Rp 4 milyar tesebut, pihaknya dalam waktu dekat bakal berkoordinasi dengan PLN untuk membicarakan terkait pergantian lampu yang konvensional dengan lampu hemat daya. Karena kata Mahdiar, dikhawatirkan nantinya setelah dilakukan pemasangan lampu yang hemat daya tapi tarifnya masih disesuaikan dengan yang lama.

“Mudah-mudahan kedepan tagihan listrik di Kota Tangerang dapat turun,” ungkapnya.

Kata Mahdiar, memang lampu led yang akan dipasang untuk menggantikan lampu konvensioanal itu memiliki perbedaan harga. Namun kata dia, lampu led tersebut memiliki kelebihan pada whattnya yang relatif kecil.

“Memang kalau lampu yang lama itu lebih murah, hanya saja kelebihannya jika dipakai lampu led dayanya lebih kecil,” ujarnya.

Selain itu, saat ini pihaknya juga sudah mulai menerapkan jaringan Smart sistem PJU di beberapa ruas jalan yang ada di Kota Tangerang. Seperti di Jalan M yamin, Satria sudirman dan M Thamrin agar tagihan listrik PJU bisa ditekan juga.

Nantinya kalau memang jaringan tersebut tidak ada kendala kedepan semua penerangan lampu jalan akan dibuatkan sistem seperti itu, karena lanjut Mahdiar, dengan adanya sistem ini dapat mempermudah mengetahui dimana saja titik lampu yang mengalami masalah atau mati serta dapat mengurangi tagihan listrik PJU.

“Jadi kalau ada yang rusak itu ketahuan dalam program komputer atau dari handphone kami, ada tandanya warna merah kalau memang lampu tersebut mati,” tandasnya. (herman).

Disarankan
Click To Comments