Tingkatkan Wisata Karimunjawa PLN Pasok Listrik 24 Jam Penuh

KARIMUNJAWA, PenaMerdeka – Kawasan wisata Karimunjawa terus berbenah dengan meningkatkan fasilitas-fasilitas penunjang seperti penambahan pasokan listrik selama 24 jam penuh, sebelumnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan penambahan kapasitas dermaga.

PT PLN (Persero) melalui Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan Distribusi Jawa Tengah & D.I Yogyakarta, Hardian Sakti Laksana mengatakan, sebagai bagian dari komitmen PLN, guna mendorong industri wisata karimunjawa dan pertumbuhan ekonomi masyarakat pihaknya memasok listrik 24 jam.

Pasokan listrik di Karimunjawa ditopang oleh sistem kelistrikan dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Legon Bajak. Pembangkit tersebut yang beroperasi sejak Mei 2016 memiliki kapasitas daya mampu hingga 2 x 2.200 kW dengan beban puncak sebesar 612 kW yang terhitung masih relatif kecil.

“Sampai Maret 2017 ini, Konsumen PLN di Karimunjawa mencapai 1.855 pelanggan kategori rumah tangga dan 86 pelanggan kategori bisnis. Sementara ini, total daya tersambung sebesar 3.279 kVA dengan panjang jaringan listrik mencapai 45 km,” Ujar Sakti.

Terdapat dua pulau berpenghuni di Karimunjawa kini telah teraliri listrik normal dari total lima pulau. Penjualan tenaga listrik di Karimunjawa alami pertumbuhan, setelah diserahterimakannya pengoperasian sistem kelistrikan di Karimunjawa dari pemerintah kabupaten Jepara kepada PLN naik manjadi 9% atau melebihi rata-rata kelistrikan nasional sebesar 6,5%, hal ini dipicu oleh turunnya harga listrik.

Masyarakat sebelumnya harus membayar sebesar Rp 2.500/kWh. Namun kini, sejak adanya PLTD Legon Bajak harga jual listrik yang ditetapkan semakin murah. Untuk tarif rumah tangga, harga listrik ditetapkan sebesar Rp 1.467/kWh. Berbeda dengan tarif bisnis yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 2.332/kWh menyesuaikan standar biaya pokok produksi (BPP).

Saat ini, lanjut Sakti di Karimunjawa masih tersedia cadangan listrik lebih kurang sebesar 3.000 kW atau kira-kira setara dengan tambahan 10 hotel besar. Dengan jumlah pasokan ini diharapkan menjadikan peluang bagi para investor yang ingin mengembangkan usaha, terutama untuk sektor wisata karimunjawa.

Kepulauan merupakan salah satu wisata unggulan Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa memiliki 27 pulau dengan pulau yang telah berpenghuni sebanyak 5 pulau.

Pulau Menjangan Besar, Pulau Cemara Besar, Pulau Menjangan Kecil, Spot Nyamplungan, Pulau Cilik, Pantai Tanjung Gelam, Pulau Tengah, serta Pulau Geleang merupakan diantara beberapa objek wisata yang menyimpan keindahan wisata karimunjawa. (penamas/dbs)

Click To Comments