HGN ads Bekasi

Fenomena Hujan ES di Bandung, BMKG : Akibat Proses Kondensasi

0 364

BANDUNG,PenaMerdeka – Neneng Sugianto, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung menerangkan, bahwa hujan es disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (19/04) siang tadi, disebabkan karena adanya proses kondensasi yang terlalu dingin. Sehingga, air yang menguap berubah bentuk menjadi butiran es.

“Terjadi akibat kondensasi yang terlalu dingin. Hingga mencapai titik freezing dengan suhu -44 derajat celcius. Jadi pas turun ke bawah berupa butiran es,” ujar Neneng.

BMKG Kota Bandung terang Neneng, mendapatkan laporan dari masyarakat terkait hujan yang disertai angin kencang yang melanda sebagian kecil wilayah Kota Bandung sekitar pukul 14.00 WIB.

“Laporan yang masuk ke BMKG memang ada hujan es di sekitar Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, Jalan Suci, dan Cihampelas,” terangnya.

Menurutnya, hujan deras disertai angin kencang tadi siang hampir terjadi secara merata di wilayah Kota Bandung, bahkan hujan dan angin kencang menyebabkan puluhan pohon tumbang.

Pihaknya juga memperkirakan hujan disertai angin kencang masih akan terjadi di Kota Bandung dalam beberapa hari kedepan. Oleh karenanya masyarakat dihimbau supaya tetap waspada pada saat beraktivitas di luar rumah

“Kalau hujan, dua tiga hari kedepan diprediksi hujan ringan hingga sedang dan angin kecang masih akan terjadi,” paparnya. (riri/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE