Puluhan Pelanggar Perda Ikuti Sidang Tipiring di Mapolres Tangerang Kota

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Puluhan pelanggar Peraturan Daerah (Perda) no 7 tahun 2005 tentang pelarangan dan penjualan minuman beralkohol dan pelanggar perda Ketertiban Umum (Tibum) mengikuti sidang Tipiring di Aula Polres Metro Tangerang Kota, Kamis (27/04).

Sidang tindak pidana ringan itu tidak hanya diikuti oleh pedagang minuman keras (miras) saja, namun juga diikuti oleh pedagang kaki lima, bahkan juga beberapa anak jalanan yang telah melanggar perda.

Kaonang Kepala Bidang (Kabid) Penegak Hukum Perda (Gakumda) Satpol PP Kota Tangerang mengatakan, sidang tipiring kali ini memang sengaja digelar di Mapolres Metro Tangerang Kota, kata dia selain untuk memberikan efek jera terhadap pelanggar perda hal ini juga suatu upaya antara Satpol PP dan Polres dalam menciptakan ketertiban wilayah.

“Sebanyak 16 pedagang kaki lima, 10 pedagang miras dan 13 pelanggar perda ketertiban umum yang mengikuti sidang,” katanya.

Sementara itu, Nelson Panjaitan Hakim yang memimpin sidang tindak pidana ringan menjelaskan, bagi yang melanggar perda no 7 tahun 2005 pihaknya memberikan sangsi dengan membanyar denda yang telah ditentukan yakni berkisaran sebesar RP 500 ribu.

Tapi terang dia, kalau nantinya pedagang miras yang mengikuti sidang tipiring itu tidak melunasi denda yang sudah ditentukan tersebut bakal di jatuhi hukuman kurungan selama tiga hari.

“Ini merupakan hukuman maksimal yang kami berikan terhadap pelanggar perda pelarangan minuman keras itu, bila sangsi yang diberikan oleh kami tidak membuat mereka (pedagang miras) jera tentunya nanti akan kami jatuhi hukuman pidana,” tandasnya. (herman)

Disarankan
Click To Comments