Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pemerintah Alokasikan Rp 8 Triliun untuk Gaji ke 13 dan 14 PNS

0 70

gaji ke 13 dan 14 pns

JAKARTA,PenaMerdeka – Saat ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengalokasikan anggaran gaji ke 13 dan 14 PNS atau tunjangan hari raya (THR) untuk para pegawai negeri sipil dan pensiunan.

Askolani Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan mengatakan, besaran anggaran tak jauh berbeda dengan alokasi yang dianggarkan pada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun lalu, kemungkinan besar hampir sama.

“Sebab gaji ke 13 dan 14 PNS enggak ada kenaikan gaji pokok dan enggak ada kenaikan jumlah pegawai,” kata Askolani di Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017) kemarin.

Kemenkeu pada tahun sebelumnya untuk gaji ke-13 menganggarkan senilai Rp 7 triliun hingga Rp 8 triliun yang dimasukan dalam APBN 2016. Sementara untuk gaji ke 14 diakui tidak jauh berbeda dengan gaji ke-13.

“Bisa lebih sedikit dari pengucuran anggaran pada tahun lalu,” ujar dia.

Kata Askolani, untuk pencairannya sendiri itu menunggu payung hukum berupa Peraturan Pemerintah (PP) dari Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

“Sudah disiapkan tapi nanti tunggu PP-nya masih sama,” ujarnya.

Sementara itu, Asman Abnur Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia mengatakan, masih merancang landasan hukum, kriteria, serta besaran pemberian gaji ke 13 dan 14 PNS beserta tunjangan kinerja (Tukin) bagi PNS.

“Segala sesuatunya tengah kami perbaiki, saat ini masih kami desain, kami ingat juga termasuk tukin. Tapi targetnya tahun ini (rancangan selesai dan diberikan gaji tersebut ke PNS,” kata Asman.

Dirinya menjelaskan, pemberian gaji ke 13 dan  14 PNS serta tunjangan tambahan akan diberikan dengan melihat kinerja pelayanan publik yang diberikan oleh masing-masing Kementerian/Lembaganya. Untuk kriterianya sendiri Kementrian terkait yang nanti bakal merumuskan.

“Penilaian tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi lebih bagi PNS agar kinerja yang dihasilkan dapat lebih baik,” pungkasnya. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...