Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Hari Pancasila, 3 Lembaga Negara Gelar Konfrensi Etika Kehidupan Bernegara

0 34

JAKARTA,PenaMerdeka – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyelenggarakan Konferensi Nasional Etika Kehidupan Bernegara. Acara tersebut merupakan rangkaian dalam acara memperingati Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di gedung Nusantara IV Senayan, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Bukan hanya dari MPR saja yang termasuk tercatat dalam acara peringatan kelahiran Pancasila tetapi menyertakan Komisi Yudisial (KY) dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu).

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyebut bahwa formula kebijakan agar etika kehidupan berbangsa dan bernegara dapat diimplementasikan dalam praktek ketatanegaraan Indonesia.

“Mengapa pula Pancasila harus diterjemahkan sebagai sistem etika dan sistem tindakan. Etika kehidupan bernegara harus dicapai. Karena Pancasila sebagai ideologi negara. Ini merupakan pandangan hidup rakyat Indonesia, tidak boleh berhenti menjadi sistem nilai yang bersifat filosofis,” katanya.

Ketua MPR lebih jauh menjelaskan bahwa masukan soal arah kebijakan yang perlu diambil adalah untuk mengimplementasikan Etika Kehidupan Berbangsa.

Dalam kesempatan itu, ketiga Ketua lembaga negara yaitu, Ketua MPR RI Dr. (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM, Ketua KY Prof. Aidul Fitriciada Azhari dan Ketua DKPP Prof. Jimly Asshidiqie nampak hadir mengikuti acara.

“Semoga ada banyak masukan mengenai kaidah pelaksanaan untuk internalisasi dan sosialisasi Etika Kehidupan Berbangsa,” tandas Zulkifli Hasan. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...