Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Armada Produksi Semen Masih Aktif, Warga Lebak Pertanyakan Sikap Aparat

0 70

produksi semen lebak

LEBAK,PenaMerdeka – Pasca aksi demo warga Pamubulan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten pada Kamis (8/6/2017) lalu menuntut PT Cemindo Gemilang supaya merealisasikan pembuatan jalan khusus untuk tambang produksi Semen Merah Putih belum juga diakomodir manajemen.

Pada hari kedua setelah demo diberitakan mobil truk perusahaan masih aktif tetap melakukan pengangkutan bahan baku semen dari tambang quarry 2 ke prosuksi semen yang jaraknya hampir 3 kilo meter.

Pantauan di lokasi pada Sabtu (10/6) armada truk pengangkutan bahan dari tambang produksi semen merah putih sempat mendapat halangan dari warga setempat. Bahkan tak ketinggalan ibu-ibupun ikut turun ke jalan memprotes aktivitas produksi.

“Kami tidak terima mereka pakai jalan nasional ini dengan muatan tonase yang tidak sesuai dengan standar jalan nasional,” kata Edi salah seorang Ketua RW Desa Pamubulan, Kecamatan Bayah, Lebak, Sabtu (10/6).

Menurutnya, kapasitas jalan nasional tersbut untuk volume tingkat beratnya hanya 8 ton, tetapi muatan angkutan armada truk semen 25 ton bahkan ia menegaskan diperkirakan bisa melebih dari perkiraan tersebut.

Sementara itu mobil armada produksi semen merah putih dilaporkan malah dikawal oleh sejumlah polisi agar tidak distop oleh warga.

Ahmad Ludin Ketua Karang Taruna Desa setempat juga mempertanyakan khususnya bagi instansi terkait soal adanya indikasi adanya pelanggaran aturan penggunaan jalan.

Bahkan kenapa pemerintah juga tidak menjalankan sangsi tegas, sedangkan kalau kami rakyat kecil kalau salah cepat ditindak.

“Kami harap aturan hukum jangan tumpul keatas saja. Dalam Undang-undang Tentang Jalan juga telah dijelaskan kapasitas muatan harus sesuai dengan standar jalan,” ucapnya.

Di Undang-undang pertambangan menunurut Ahmad Ludin dijelaskan bahwa perusahaan yang bergerak dibidang tambang wajib memiliki jalan khusus untuk produksi perusahaannya.

Dan ia juga menandaskan, soal Undang-undang lingkungan hidup yang mengatur soal investasi jangan sampai mengganggu kenyamanan warga setempat seperti mobilitas produksi semen merah putih yang sudah merusak jalan nasional. (RA)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli