Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Kata Wagub, Jawara Banten harus Sumbangsih Banggakan Daerah

BANTEN,PenaMerdeka – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy berpesan agar seni budaya pencak silat dengan keberadaan Jawara Banten di dalamnya kedepan supaya mampu mengangkat nama daerah sehingga bisa mengangkat positif potensi masyarakat juga.

Menurut Wagub, Pemprov Banten di bawah kepemimpinan gubernur Banten Wahidin Halim dan dirinya, sejak awal kata dia berkomitmen memajukan seni budaya Banten, terutama pencak silat sebagai seni budaya khas Banten.

“Banten itu identik dengan pendekar atau jawara. PR kita adalah tinggal bagaimana agar nama pendekar atau jawara Banten bisa memberi kebanggaan secara positif. Sebagai pemerintah daerah di Banten, saya dan Pak Gubernur berkomitmen untuk memajukan seni budaya pencak silat ini,” kata Wagub saat memberikan sambutan dalam acara buka puasa bersama DPP Persatuan Pendekar Persilatan dan Seni Budaya Banten Indonesia (PPPSBBI) di Masjid Baitussolihin, Cipocok Jaya, Serang, Kamis (22/6).

Terkait itu, kata Wagub yang juga merupakan cucu dari pendiri PPPSBBI, Chasan Sohib, Pemprov Banten akan mendorong lahirnya prestasi-prestasi dari cabang pencak silat.

Selain dengan mendukung semua upaya pembinaan terhadap perguruan-perguruan silat di Banten, dorongan dimaksud juga bisa berupa dengan digelarnya secara berkala event kompetisi pencak silat di level Provinsi Banten.

“Jika tadi dikatakan Ibu Tatu (Putri pendiri PPPSBBI yang juga Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah) bahwa di Kabupaten Serang sudah ada yang namanya Bupati Cup untuk kompetisi pencak silat jawara Banten, maka tahun depan setidaknya untuk level Provinsi Banten, event itu harus terselenggara. Tentu saya dan Pak Gubernur akan mendukung hal tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PPPSBBI Tb Haerul Jaman, dalam sambutannya, berpesan agar semua perguruan pencak silat di Banten mampu meneruskan semangat perjuangan yang sudah diletakkan dasar-dasarnya oleh para pendiri PPPSBBI.

“Orang-orang tua kita dahulu begitu bersemangat dan berhasil memperjuangkan seni budaya bela diri melalui pencak silat ini, baik dalam konteks mengawal berdirinya Provinsi Banten maupun dalam menjaga NKRI,” ucapnya.

Maka kata Jaman meneruskan, selaku generasi penerusnya harus bisa melanjutkan semangat tersebut dengan terus melestarikan seni budaya kita ini,” katanya.

Lebih jauh, Walikota Serang itu juga berpesan agar seluruh anggota PPPSBBI yang tergabung di sejumlah perguruan pencak silat di Banten dan juga di sejumlah daerah di luarnya. untuk tidak terpecah belah dan juga tidak mudah diadu domba.

“Misalnya dalam kontestasi politik di Pilkada, sangat wajar jika kita saling berbeda dukungan terhadap calon, tapi setelah Pilkada usai jawara Banten harus kembali kompak,” kata Jaman yang juga salah satu putra pendiri PPPSBBI Tb Chasan Sohib tersebut.

Dalam acara yang dihadiri oleh ratusan anggota PPPSBBI dari sejumlah perguruan pencak silat itu, juga dibagikan santunan kepada seratusan anak yatim piatu. Adapun perguruan pencak silat dimaksud diantaranya TTKKDDH, Silat Bandrong, Silat Haji Salam dan Silat Terumbu. (RA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan