Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Persiapan Pilkada, PDIP Latih Manajerial Pemenangan

64

Sebanyak 127 kader PDI Perjuangan (PDIP) menjalani pelatihan sebagai manajer kampanye untuk menghadapi Pilkada serentak 2017. Pelatihan itu digelar di Kantor DPP PDIP di kawasan Lenteng, Jakarta Selatan.

“Pelatihan ini adalah jawaban PDI Perjuangan untuk mengedepankan strategi pemenangan pilkada, berdasarkan kekuatan gotong royong partai,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto saat membuka pelatihan kepada wartawan, Selasa (5/4/2016).

Selain Hasto, dalam acara tersebut hadir juga Ketua DPP PDIP Idham Samawi dan Sri Rahayu, serta anggota Fraksi PDIP di DPR Eva Kusuma Sundari dan Daryatmo Mardiyanto.

Hasto mengatakan, Pilkada serentak mendatang akan diselenggarakan di 101 daerah. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya merupakan Pilkada tingkat provinsi.

Dalam pelatihan ini, masing-masing dewan perwakilan cabang yang akan menyelenggarakan Pilkada mengirimkan seorang perwakilan untuk menjalani pelatihan. Sedangkan untuk level dewan pimpinan daerah, mereka mengirimkan tiga orang perwakilan.

“Mereka sengaja dilatih jauh sebelum Pilkada dijalankan. Hal ini berangkat dari kepercayaan partai bahwa pemenangan pemilu ditentukan oleh strategi yang tepat,” ujarnya.

Proses pelatihan ini akan dilangsungkan selama tiga hari hingga Kamis (7/4). Sejumlah pakar akan dihadirkan untuk melatih kader menjadi manajer kampanye. Nantinya para kader ini akan mendapatkan pelatihan bagaimana membaca hasil survei, strategi memenangkan Pilkada yang diikuti calon petahana, hingga membaca kemungkinan terjadinya proxy war.

Hasto mengungkapkan, pelatihan tim kampanye ini adalah jawaban PDIP untuk mengedepankan strategi pemenangan Pilkada serentak tahun 2017 berdasarkan kekuatan gotong royong mesin partai yang menyatu dengan kekuatan rakyat.

“Melalui pelatihan ini, saudara-saudara akan dididik untuk percaya pada kekuatan gotong royong. Anda di sini dididik untuk bagaimana menjadikan mesin partai sebagai kekuatan gotong royong paling efektif untuk menggalang rakyat. Anda tidak dilatih untuk percaya pada kekuatan uang, apalagi money politic,” kata Ahok kepada peserta.

Dalam pelatihan tersebut, juga akan diajarkan tentang strategi pemenangan pemilu, tahapan yang paling efektif dalam pemenangan pemilu, membaca peta dan dinamika politik malalui survey, strategi perang dan bagaimana menggunakan sumber daya partai yang terbatas, serta berbagai ketrampilan teknis lainnya.

Dengan demikian, efektivitas pelatihan ini akan ditentukan oleh kedisiplinan peserta di dalam merumuskan strategi pemenangan terbaik. Semakin murah biaya pemenangan Pemilu yang nantinya dikeluarkan, akan menjadi tolok ukur utama efektivitas strategi pemenangan Pemilu dengan cara gotong royong ini.

“Gotong royong adalah intisari ideologi partai. Kekuatan gotong royong inilah yang membedakan dengan jalur perseorangan. Bagi PDI Perjuangan, jalur perseorangan hanya efektif untuk para ‘free riders’ yang terlalu mengandalkan kekuatan individu,” ucap Hasto.

“Kita adalah kekuatan kolektif yang percaya bahwa republik ini dibangun untuk semua, bahwa cita-cita membentuk masyarakat yang adil dan makmur atas dasar prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah mufakat, dan prinsip keadilan sosial, hanya akan terwujud melalui perjuangan bersama melalui alat yang namanya Partai Politik,” tegasnya.(puji/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...