Terbentuk, Panwaslu Siap Semprit Pelanggar Pilkada Kota Tangerang 2018

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten sudah menetapkan tiga komisioneri Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk Pillkada 2018 mendatang. Mereka siap menindak pelanggar Pilkada Kota Tangerang.

Penetapan nama Komisioner Panwaslu Kota Tangerang dari Bawaslu adalah M. Agus Muslim, M. Abdul Rosyid dan Heri Handani ditandatangani ditandatangani Ketua Bawaslu Banten Solihin dan Plt. Kepala Sekretariat Bawaslu Didi Hadiyatna tertanggal 31 Juli 2017.

Ketiga nama tersebut yang siap menindak pelanggar Pilkada dinyatakan menjadi komisioner Panwaslu Kota Tangerang setelah sebelumnya sempat melalui tahapan uji kelayakan dan kepatutan berdasarkan surat nomor 008/BA/Bawaslu Banten/VII/2017.

Nantinya, keberadaan Panwaslu Kota Tangerang memiliki kewenangan untuk mengawasi tahapan penyelenggaraan Pilkada, menerima laporan dugaan pelanggaran terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan mengenai Pemilu, menyelesaikan temuan dan laporan sengketa penyelenggaraan Pemilu yang tidak mengandung unsur tindak pidana.

Panwaslu juga memiliki kewenangan untuk menyampaikan temuan dan laporan pelanggar Pilkada kepada KPU Kota Tangerang untuk ditindaklanjuti dan meneruskan temuan dan laporan yang bukan menjadi kewenangannya kepada instansi yang berwenang. (yuyu)

Disarankan
Click To Comments