Pemberdayaan Parenting Skill Bidik PMKS Banten Pacu SDM Maksimal

0 47

BANTEN,PenaMerdeka – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten lewat Bidang Rehabilitas melakukan Seminar Parenting Skill dengan tema Keterampilan Pola Asuh Anak di Pesona Waterpark, Bojonegara, Kabupaten Serang, Rabu (2/8/2017).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan, Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan pilar utama pembangunan kerana sangat menentukan kemajuan bangsa.

Ia melanjutkan, Parenting Skill bisa diwujudkan dimulai dengan derajat kesehatan, tingkat intelegensia, kematangan emosional dan spiritual, serta produktivitas sangat ditentukan oleh kualitas dari janin hingga anak berusia 6 tahun dan terus berkembang sampai usianya.

“Diperhatikan, bahwa produk-produk yang menjadikan anak-anak sebagi objek pasar, film, buku cerita, mainan, mode pakaian dengan segenap kreativitas yang membuat rangsangan bagi anak,”ujarnya.

Ia melanjutkan, maka dalam parenting skill keluarga sebagai media sosialiasi utama anak mempunyai peran penting dalam memfilter anak agar terhindar dari pengaruh buruk dan ancaman lainnya yang berdampak buruk bagi perkembangan psikologisnya.

“Setiap orangtua pada dasarnya menginginkan anaknya berkembang dengan baik, tumbuh seperti keinginan orangtua. Setiap keluarga baik yang beruntung ataupun yang kurang beruntung mempunyai kesempatan memperoleh pengetahuan pola asuh yang baik supaya tumbuh kembang maksimal,” ucapnya menegaskan.

Maka itu kegiatan Parenting Skill sangat baik karena dengan sasaran keluarga yang masuk dalam kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Seminar ini juga kita bekerja sama dengan Ikatan Kader Bina Keluarga Anak balita (IKBA) Kabupaten Serang dan Taman Anak Sejahtera Kabupaten Serang menghadirkan 400 orangtua dari keluarga PMKS yang digabungkan dengan agenda Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Serang yang menghadirkan 1.000 anak PMKS,”ungkapnya.

Sedangkan Kepala Bidang Rehabilitas Sosial, Dinsos Provinsi Banten Dede menambahkan peningkatan keterampilan pola asuh anak yang baik adalah dengan mengubah pola pikir keluarga.

Ia mencontohkan, salah satunya memberikan pandangan kepada keluarga karena hal ini merupakan filter dalam pergaulan anak, memberikan pengarahan kepada para keluarga agar lebih aktif dalam membina kedekatan dengan anak yang beranjak dewasa.

“Kegiatan Parenting Skill akan terus dilaksanakan dengan sasaran PMKS karena kalau tidak ditangani secara permasalahan sosial berdampak ke hal yang negatif,” tegasnya. (RA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...