Zulfikar Demokrat

Kopdar Prabowo-SBY Efek, Ada Koalisi Paten di Pilkada Kota Tangerang?

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pasca kopi darat (kopdar, red) Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebutkan pengamat dapat berdampak terhadap pengusungan calon walikota (Cawalkot) Tangerang 2018. Dan efeknya bisa menciptakan koalisi paten, lantaran kedua pemimpin tersebut membahas soal pengusungan nama calon sama kepala daerah.

Seperti dketahui, pertemuan penggede Partai Gerindra dan Demokrat beberapa waktu lalu selain membahas perkembangan Undang-undang Pemilu tetapi dikabarkan menggagas juga soal koalisi pengusungan calon kepala daerah.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon beberapa waktu lalu mengatakan tak menampik kerja sama antara Demokrat dengan Gerindra lebih menekankan kemungkinan koalisi paten untuk pemilihan kepala daerah.

Fadli juga mengatakan pertemuan SBY dan Prabowo akan digelar secara rutin, namun kedua tokoh itu belum membicarakan koalisi di Pemilu 2019.

“Salah satu yang akan dijajaki kemungkinan untuk Pilkada mengusung calon sama. Meskipun tidak mutlak tetapi termasuk bagian yang dijajaki di beberapa Pilkada,” tegas Fadli Zon.

Andra Soni, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangerang ketika dikonfirmasi menyebut adanya pertemuan tokoh nasional Prabowo sebagai Ketum Gerindra dan SBY selaku Ketum Demokrat mengatakan, bisa jadi akan berdampak terhadap konstelasi Pilkada serentak 2018 di sejumlah daerah dan bakal terbentuk koalisi paten.

“Sebenarnya Gerindra dari dahulu juga sudah melakukan komunikasi kepada partai lain seperti Demokrat, PKS, PAN dan lainnya. Kami kokoh karena antara pusat dan di daerah pasca Pilkada Banten 2017 lalu saja sudah terjalin. Begitu juga dengan Cawalkot petahana Tangerang kami komunikasi,” kata Andra yang juga anggota DPRD Provinsi Banten menjelaskan, Kamis (03/08).

Dan jika secara elektabiltas dan popularitas dari kader yang kami dorong dalam Pilkada adalah membawa kader ke Walikota, tetapi kami realistis jika tidak mampu kami menyodorkan nama lain.

Sementara Bayhaqi Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kota Tangerang menyebut bahwa pihaknya sekarang ini sudah melakukan proses tahapan penjaringan. Terkait dengan pertemuan SBY dan Prabowo mungkin saja membahas soal Undang-undang pemilu kendati ia tidak menampik adanya koalisi paten.

“Kami dengan semua partai melakukan pembicaraan karena Demokrat partai terbuka. Kalau soal rekomendasi ada di DPW dahulu baru ke DPP Demokrat. Rekom pasti dari DPP dan kita mengikuti perintah partai,” kata Bayhaqi via telpon, Kamis (03/08).

Kami memang mendorong kader terbaik, dan kata Bayhaqi kebetulan Demokrat Kota Tangerang menawarkan Cawalkot Tunggal dalam Pilkada Kota Tangerang 2018 mendatang.

Sebab sejumlah nama lain yang mendaftar ada yang mengundurkan diri dan tidak mengembalikan form penjaringan.

“Jadi soal konstelasi koalisi paten untuk pengusungan Cawalkot Pilkada Tangerang nanti ada di DPP. Untuk nama Wakilnya pun tentu atas keinginan Cawalkot itu sendiri supaya bisa sinergis membangun Kota Tangerang. Membangun Kota Tangerang kan bukan hanya butuh dukungan Parpol tapi semua elemen harus mendukung,” tandasnya. (wahyudi/redaksi)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

tempus felis Praesent ultricies in Phasellus mattis fringilla sem, neque. vel, ut