Program 1 Rumah 1 Jumantik FKS Tangsel Diapresiasi Kemenkes

TANGSEL,PenaMerdeka – Saat menggelar Asean Dengue Day 2017 di SD Negeri 07 Cijantung, Jakarta Timur, pihak Kementrian Kesehatan sengaja mengundang Forum Kota Sehat (FKS) Tangerang Selatan (Tangsel). Bukan tanpa sebab karena program penanggulangan dengue 1 rumah 1 jumantik dianggap efektif menangani dan mengantisipasi bahaya demam berdarah.

Seperti diketahui bahwa Menkes Nila berkunjung untuk melakukan sosialisasi gerakan pengendalian nyamuk kepada anak-anak. Pasalnya, menurut data yang dihimpun Dinas Kesehatan DKI Jakarta masih banyak anak-anak yang jadi korban demam berdarah.

Data terakhir sejak Januari hingga Juli 2017 ada sekitar 2.500 kasus demam berdarah total dengan korban meninggal satu orang.

Dan pada kesempatan itu program 1 rumah 1 jumantik yang digelontorkan Forum Kota Sehat Tangsel menjadi salah satu contoh penanggulangan soal bahaya demam berdarah.

“Kementerian Kesehatan kenapa mengadakan kegiatan ini di Sekolah karena ternyata sumbernya paling banyak. Tempat ini kan mereka tinggalkan dari Jumat, Sabtu, Minggu nah pas anak-anak masuk sekolah air yang tergenang sudah ada nyamuknya,” jelas Menkes Nila di Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (2/8/2017).

Sementara itu, Forum Kota Sehat Kota Tangerang Selatan juga diundang partisipasinya dalam ASEAN Dengue Day 2017 ini. Pasalnya, Forum Kota Sehat Tangsel sampai saat ini merupakan penggerak kegiatan penangulangan bahaya dengue.

“Ini merupakan partisipasi kita dalam mengkapanyekan program yang sudah kita jalankan yaitu 1 rumah 1 jumantik sekaligus memperkenalkan hasil budidaya tanaman Zodia sebagai tanaman alternatif pengusir nyamuk,” papar Tarmizi Usma Sekretaris Forum Kota Sehat Tangsel.

Dan kata Tarmizi menerangkan bahwa hari ini kami dari Tangsel dinobatkan sebagai Wilayah Bebas Jentik untuk Kelurahan Benda Baru Kota Tangsel. Maka itu kami akan terus mengupayakan melalui program-program Forum Kota Sehat.

Sementara itu Siti Ruhani sebagai kader penggerak program jumantik di Kelurahan Benda Baru Tangsel sangat bangga dengan apa yang sudah di lakukan oleh masyarakat Tangsel dan berbuah hasil.

“Kami sebagai kader 1 rumah 1 jumantik sangat bangga terhadap penghargaan yang diberikan oleh Kemenkes RI. Kami akan terus bergerak untuk bisa bersinergi dalam menjalankan program di kelurahan lain di Kota Tangsel,” tegasnya. (yoyok)

Disarankan
Click To Comments